Kumpulan Artikel: Aqiqah

  • Bolehkah Aqiqah Selain Kambing? Begini Pendapat 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 06 November 2023 - 16:24 WIB
    Bolehkah Aqiqah selain kambing? Seperti diketahui, semua ulama sepakat bahwa hewan yang boleh digunakan untuk mengaqiqahi anak yang lahir adalah kambing atau domba.
  • Bacaan Al Barzanji Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Jum'at, 15 September 2023 - 15:09 WIB
    Berikut adalah Bacaan Al Barzanji lengkap Arab, Latin, dan terjemahan. Kitab ini berisi kisah tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW dan perjalanan hidupnya.
  • 5 Doa Aqiqah Mulai Saat Menyembelih Hewan Sampai Walimah Al-aqiqah
    Tips
    Jum'at, 11 Agustus 2023 - 14:27 WIB
    Doa Aqiqah wajib diketahui oleh umat Islam. Pasalnya aqiqah adalah praktik dalam agama Islam dimana orang tua menyembelih hewan kurban sebagai tanda syukur atas kelahiran seorang anak.
  • Begini Perbedaan Ibadah Aqiqah dan Kurban Menurut Syariat
    Tausyiah
    Minggu, 18 Juni 2023 - 20:01 WIB
    Perbedaan ibadah aqiqah dan kurban masih sering dipertanyakan . Ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan, namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Perbedaan Kurban dan Aqiqah Yang Perlu Dipahami
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 15:16 WIB
    Ada beberapa perbedaan kurban dan aqiqah yang perlu dipahami kaum muslimin, terutama untuk para orang tua. Perbedaan kurban dan aqiqah menjadi topik hangat menjelang Idul Adha.
  • Doa saat Melakukan Aqiqah Anak Laki-laki dan Perempuan
    Tips
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:28 WIB
    Perintah aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad. Apabila pada hari ke tujuh dari hari kelahiran anak belum terlaksana penyembelihan aqiqah maka boleh dilaksanakan setelah hari ke tujuh dan bahkan hukumnya itu masih tetap sunnah.
  • Doa-doa Pendek saat Melaksanakan Aqiqah yang Penting Diketahui
    Tips
    Senin, 19 Desember 2022 - 13:36 WIB
    Aqiqah adalah sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan pada hari ketujuh dan seterusnya sambil mencukur rambutnya.
  • Selain Niat, Inilah Perbedaan Ibadah Kurban dan Aqiqah
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 15:19 WIB
    Pelaksanaan ibadah kurban dan aqiqah sering dipertanyakan, hal ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan atau diaqiqahkan. Namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Bolehkah Berkurban Sekaligus Niat Beraqiqah?
    Tips
    Senin, 27 Juni 2022 - 10:47 WIB
    Bagi setiap muslim yang sudah mampu, dianjurkan (sunah muakadah) untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun pada saat bersamaan belum berakikah, bolehkah menggabungkan dua niat kurban dan aqiqah?
  • Hukum Kurban Tapi Belum Aqiqah, Manakah yang Didahulukan?
    Tausyiah
    Selasa, 14 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Bagaimana hukum kurban tapi belum melaksanakan aqiqah, manakah yang harus didahulukan menurut syariat? Pertanyaan semacam ini, masih banyak terjadi di masyarakat.
  • Hukum Menjadi Seorang Vegetarian Dalam Islam
    Muslimah
    Senin, 06 Juni 2022 - 18:00 WIB
    Dalam Islam, memilih sesuatu sangat tergantung dari niat ketika melakukannya. Jika seseorang menjadi vegetarian dengan alasan kesehatan atau penyembuhan penyakit, maka boleh melakukannya.
  • Hukum, Syarat dan Keutamaan Aqiqah yang Perlu Dipahami Umat Muslim
    Tips
    Sabtu, 05 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Aqiqah atau akikah merupakan perayaan menyembelih kambing yang dilakukan sebagai bentuk dari rasa syukur karena bayi yang baru lahir. Hukum aqiqah menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah
  • Tradisi Aqiqah Sudah Dilakukan pada Zaman Arab Jahiliyah
    Hikmah
    Kamis, 06 Januari 2022 - 11:26 WIB
    Tradisi aqiqah dalam Islam sejatinya sudah dilakukan juga pada Arab Jahiliyah. Ibadah yang diperuntukkan bagi manusia yang baru lahir ke dunia ini biasanya dilakukan tujuh hari setelah kelahiran.
  • Maulid Nabi Muhammad SAW dan Pentingnya Hari Lahir dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 08 November 2021 - 08:36 WIB
    Maulid Nabi Muhammad SAW dan pentingnya hari lahir dalam Islam diisyaratkan dalam Al-Quran. Misalnya pada Surat Maryam ayat 15 dan 33. Begini penjelasannya.
  • Syarat Kambing Aqiqah yang Harus Dipenuhi
    Tips
    Rabu, 14 Juli 2021 - 19:49 WIB
    Syarat kambing aqiqah perlu diketahui kaum muslimin khususnya orangtua yang hendak menunaikan Aqiqah. Apa saja syarat kambing atau domba untuk Aqiqah yang harus dipenuhi?
  • Perbedaan Aqiqah dan Qurban Menurut Syariat
    Tips
    Selasa, 29 Juni 2021 - 08:56 WIB
    Perbedaan aqiqah dan Qurban masih sering dipertanyakan. Ini tak lepas dari hewan yang dikurbankan, namun keduanya sangat jelas memiliki perbedaan yang tak bisa disamakan.
  • Anak Tak Beri Syafaat kepada Orangtua pada Hari Kiamat karena Tak  Diaqiqahi?
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 18:05 WIB
    Aqiqah dasar hukumnya adalah sunat muakkad meskipun si ayah sedang dalam keadaan susah. Aqiqah telah dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. dan para sahabat beliau.