Khasiat Surat Al-Hasyr, Salah Satunya Meningkatkan Kecerdasan

Senin, 14 Agustus 2023 - 13:25 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Hasyr, Salah Satunya Meningkatkan Kecerdasan
Diberi kemudahan untuk menghapal dan juga diberi kecerdasan. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Al-Hasyr , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang menulisnya di atas gelas kaca dan mencucinya dengan air hujan lalu meminumnya maka dia akan diberi kemudahan untuk menghapal dan juga diberi kecerdasan.



Al-Hasyr artinya “pengusiran”. Surat ini terdiri atas 24 ayat, termasuk dalam golongan surat Madaniyyah, dan diturunkan setelah Surat Al-Bayyinah. Ia dinamakan Surat Al-Hasyr, karena merujuk pada lafaz al-hasyr yang terdapat pada ayat kedua. Di dalam surat ini disebutkan tentang pengusiran Nabi Nadhir, yakni salah satu suku Yahudi di Makkah.

Dalam Tsawabul A’mal disebutkan Ubay bin Ka’ab berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Hasyr, maka tiada surga, neraka, ‘arsy kursy, hijab, langit tujuh, bumi tujuh, udara, angin, burung, pohon, gunung-gunung, matahari, bulan dan malaikat, kecuali berdoa dan memohonkan ampun untuknya. Dan jika ia meninggal pada hari itu, atau malamnya (waktu ketika ia membaca surat ini), maka ia meninggal dengan syahid.”

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan mengumpulkannya termasuk golongan orang-orang yang beruntung. Tidak ada surga, neraka ‘arsy, kursy, hijab, langit tujuh, bumi tujuh, bulan di udara, gunung-gunung, pepohonan, binatang melata, dan malaikat, kecuali semuanya berdoa dan memohonkan ampunan untuknya. Dan jika ia mati pada hari, atau malam itu, maka ia termasuk penghuni surga."

"Dan barangsiapa yang membacanya pada hari Jumat, maka ia aman dari bala hingga pagi harinya. Dan barangsiapa yang mendirikan salat empat rakaat, ia membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, seraya mengharapkan hajat apa pun yang diinginkannya, maka Allah akan mengabulkan selama ia tidak mengubah maksiat.”



Selanjutnya, Ash-Shadiq berkata, “Barangsiapa yang membacanya di malam Jumat, maka ia aman dari bala sampai waktu pagi tiba. Barangsiapa yang berwudu ketika memiliki keinginan, lalu ia mendirikan salat empat rakaat dengan membaca Al-Fatihah dan Surat Al-Hasyr di setiap rakaatnya, sampai selesai empat rakaat itu seraya mengharapkan keinginannya itu, maka Allah akan memudahkan mewujudkan keinginannya itu. Dan barangsiapa yang menulisnya dengan air yang suci dan meminumnya, maka ia akan diberi anugerah kecerdasan dan sedikit lupa, dengan izin Allah.”
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)