Begini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Mulk, Salah Satunya Selamat dari Siksa Kubur

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 09:42 WIB
loading...
Begini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Mulk, Salah Satunya Selamat dari Siksa Kubur
Surat al-Mulk dapat meringankan siksa yang diterima oleh si  mayit dan dapat menyelamatkannya dari siksa kubur. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Mulk , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, dapat meringankan siksa yang diterima oleh si mayit dan dapat menyelamatkannya dari siksa kubur.



Dalam kitab "Tafsirul Burhan" juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Mulk), maka surat ini dapat menjadi pelindung dari siksa neraka, pembacanya diberi pahala seperti pahala orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar."

"Barangsiapa yang memeliharanya, maka surat ini dapat menjadi penghiburnya di dalam kubur, menolak segala ujian yang menyusahkannya di dalam kubur, seperti siksaan kubur, menjaganya sampai hari ia dibangkitkan, menjadi penolong baginya di sisi Tuhannya dan mendekatkannya hingga masuk surga dengan aman dari kesepian dan kesendirian di alam kubur.”

Ash-Shidiq berkata, “Barangsiapa yang membacakannya atas mayit, maka Allah akan meringankan apa yang akan menimpanya. Dan jika dibacakan dan dihadiahkan kepada orang yang telah meninggal, maka ia akan melesat cepat menuju-Nya seperti petir yang menyambar, dengan izin Allah.”



Ibnu Abas berkata, “Seorang sahabat Rasulullah memukulkan bangsal (tandu) ke atas sebuah kuburan, sedangkan ia tidak mengira bahwa itu adalah kuburan. Lalu ketika ia mengetahui bahwa itu adalah kuburan manusia, segera ia membaca Surat Al-Mulk hingga selesai. Lalu ketika Rasulullah datang, ia menceritakannya. Kemudian Rasulullah bersabda, ‘Ia (Surat Al-Mulk) adalah penghalang dan pelindung, yang melindunginya dari siksa kubur.’”

Anas bin Malik berkata, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, “Terdapat sebuah surat dari Al-Qur’an yang hanya terdiri dari tiga puluh ayat, ia dapat membela pembacanya hingga memasukkan ke surga, yakni surat Tabarak (Surat Al-Mulk).” (HR Ath-Tabrani I/176)

Dalam kitab Tsawabul A’mal juga disebutkan barangsiapa yang membaca tabaarakalladzi bi yadihil-mulk (Surat Al-Mulk) di dalam salat maktubah-nya sebelum tidur, maka ia akan senantiasa dalam jaminan (keamanan) Allah hingga pagi, dan dalam keamanan-Nya di hari kiamat hingga masuk surga.

Al-Mulk sendiri artinya adalah “kerajaan”. Surat yang terdiri atas 30 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat At-Thur. Ia diberi nama Surat Al-Mulk, karena merujuk pada lafaz al-mulk yang terdapat pada ayat pertama. Selain Surat Al-Mulk, ia juga dinamakan dengan Surat At-Tabarak, yang artinya “Mahasuci”.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3203 seconds (0.1#10.140)