Khasiat Surat Al-Qalam, dari Penyembuh Sakit Gigi sampai Penyelamat dari Kemiskinan

Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:36 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Qalam, dari Penyembuh Sakit Gigi sampai Penyelamat dari Kemiskinan
Jika diletakkan di atas tubuh orang  yang  terkena sakit gigi atau sakit kepala maka insyaAllah dia akan sembuh. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Qalam , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, jika diletakkan di atas tubuh orang yang terkena sakit gigi atau sakit kepala maka insyaAllah dia akan sembuh.



Dalam kitab Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang menulisnya (Surat Al-Qalam) dan mengalungkannya, atau atas orang yang sakit gigi, maka akan sembuh dengan izin Alah.”

Sementara kitab Tsawabul A’mal menyatakan Abu Abdullah berkata, “Barangsiapa yang membaca Surat Nun dan Al-Qalam di dalam salat fardhu, atau sunnah, maka Allah akan menyelamatkannya dari kemiskinan selamanya. Dan ketika meninggal, Allah akan melindunginya dari himpitan kubur.”

Al-Qalam sendiri artinya adalah “pena”. Surat yang terdiri atas 52 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-‘Alaq. Ia diberi nama Surat Al-Qalam, karena merujuk pada lafaz al-qalam yang terdapat pada ayat pertama. Selain nama Al-Qalam, surat ini juga disebut sebagai Surat Nun, karena ayat pertamanya diawali dengan huruf nun.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)