Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Ghasiyah

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:58 WIB
loading...
Berikut Ini Khasiat dan Keistimewaan Surat Al-Ghasiyah
Jika  dibacakan  kepada sesuatu yang dilahirkan maka Allah akan menyelamatkannya. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan Surat Al-Ghasyiyah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan jika dibacakan di atas sesuatu yang dimakan maka dia akan selamat dari kesengsaraan. "Dan jika dibacakan kepada sesuatu yang dilahirkan maka Allah akan menyelamatkannya," ujarnya.



Dalam Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Ghasiyah), maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, dan barangsiapa yang membacanya atas dilahirkan seorang manusia, atau yang lain, orang yang meminta tolong, dan orang yang melarikan diri, maka itu dapat menenangkannya dan membuatnya diam.”

Sedangkan dalam Tswabul A’mal dinyatakan bahwa Abi Abdullah berkata: “Barangsiapa yang dengan istiqamah membaca hal ataka haditsul-ghasiyah (Surat Al-Ghasiyah) di dalam salat fardu atau sunah, maka Allah akan menyelubunginya dengan rahmat-Nya di dunia dan akhirat, dan di hari kiamat, Allah akan mendatangkannya dengan aman dari siksa neraka.”

Al-Ghasiyah sendiri artinya adalah “peristiwa yang dahsyat”. Surat yang terdiri atas 26 ayat ini termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah dan diturunkan sesudah Surat Adz-Dzariyat. Ia diberi nama Surat Al-Ghasyiyah karena merujuk pada lafaz al-ghasyiyah yang terdapat pada ayat pertama. Adapun yang dimaksud dengan peristiwa yang dahsyat adalah hari kiamat.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)