Al-Quran Salah Satu Faktor Penyebab Pesatnya Pertumbuhan Islam

Selasa, 10 Oktober 2023 - 11:47 WIB
loading...
Al-Quran Salah Satu Faktor Penyebab Pesatnya Pertumbuhan Islam
Islam tumbuh pesat di berbagai belahan dunia salah satu faktornya adalah al-Quran. Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Prof Wilson Howland Guertin mengatakan sejarah menunjukkan bahwa pada mulanya Islam meluas sampai Asia , Afrika dan Eropa dengan sangat cepat. Mungkin tidak ada Agama yang lain berkembang secepat Islam.

Pasti ada beberapa sifat yang istimewa yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat. "Saya ingin mengetahui faktor faktor apa yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat itu," tanya Prof Wilson kepada Imam Mohammad Jawad Chirri sebagaimana dikutip dari buku yang diterjemahkan Ridho Umar Baridwan berjudul "Dialog tentang Islam dan Kristen" (PT Alma'arif, 1981).

Wilson adalah seorang psikolog, penulis dan profesor. Beliau lahir 26 Juli 1920 di Bridgeport, Connecticut dan meninggal dunia pada 7 Maret 2022. Sedangkan Mohammad Jawad Chirri seorang ulama berkebangsaan Libanon. Beliau pendiri Islamic Center of America. Lahir pada Oktober 1905 dan wafat 10 November 1994.



Menjawab pertanyaan Prof Wilson, Imam Chirri menjelaskan bahwa banyak faktor yang menyebabkan meluasnya Islam. "Saya tidak akan menyebutkan semuanya, tetapi saya dapat menunjukkan beberapa faktor," ujarnya lalu menyebut salah satunya adalah al-Quran .

Menurutnya, ini adalah suatu kenyataan yang tak dapat disangkal, bahwa Qur'an adalah buku kehidupan yang telah mempengaruhi berjuta-juta manusia melalui keindahannya dan makna yang tinggi.

Keistimewaan Qur'an masih diperbincangkan dan dipertentangkan. Qur'an itu sendiri membangkitkan lawan-lawannya untuk mencoba memperbincangkan nilai-nilainya.

Qur'an berulang-ulang menerangkan bahwa bila lawan-lawannya pada setiap waktu akan membincangkan perbandingan, mereka secara otomatis akan membuktikan keseluruhan kepercayaan Islam.

Lebih dari tiga belas abad, Qur'an masih berkedudukan di atas setiap perbandingan pada seluruh bacaan-bacaan bahasa Arab. Karena itu Kitab Suci Al-Qur'an sejak diperkenalkan sampai sekarang adalah sumber daya penarik yang besar untuk kepercayaan Islam.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)