Israel, Orang yang Bergulat dengan Tuhan

Kamis, 02 November 2023 - 16:34 WIB
loading...
Israel, Orang yang Bergulat dengan Tuhan
Dalam Islam Ya’qub adalah orang saleh dan sebagai seorang nabi. Ilustrasi: Ist
A A A
Siapa sejatinya Israel itu? Nama Israel, disebut dalam Al-Quran . Misalnya dalam QS Maryam : 56-57 dan QS Ali Imran : 93. Israel yang dimaksud pada ayat-ayat tersebut adalah seorang nabi.

Ibnu Abbas ra pernah berkisah, dirinya pernah hadir di kumpulan orang-orang Yahudi . Lalu Nabi Muhammad SAW bertanya kepada mereka: “Tahukah kalian bahwa Israel adalah nama Ya’qub ?”

Mereka menjawab, “Iya benar..”

Kata Nabi SAW: “Ya Allah saksikanlah..”

Hadis ini diriwayatkan Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad. Imam Tirmidzi menilai hadis ini hasan



Bergulat

Ada ulama yang menerangkan, bahwa Nabi Ya’qub memiliki dua nama yakni : Yaqub dan Israel. Ada pula yang menjelaskan, Israel adalah julukan untuk beliau.

Seluruh ahli tafsir sepakat, bahwa Israel adalah Ya’qub bin Ishak bin Ibrahim as . "Maknanya adalah hamba Allah, karena isra dalam bahasa mereka artinya adalah hamba, dan el artinya Allah," jelas Imam Syaukani.

Dalam Islam Ya’qub adalah orang saleh dan sebagai seorang nabi. Meski namanya cukup banyak disebutkan bila dibandingkan nabi yang lain, kisahnya yang termaktub dalam Al-Qur’an hanyalah terkait kehidupan Yusuf dan wasiatnya.

Makna Israil, seperti yang termaktub dalam sumber rujukan Arab, adalah “Pilihan Allah” atau “Hamba Allah”. Adapun makna harfiah atau etimologis menurut kaum Yahudi ialah “Orang yang bergulat dengan Tuhan”.

Di dalam bahasa mereka, “isra” artinya bergulat, sedangkan “el” artinya Tuhan. Diartikan demikian karena orang-orang Yahudi ini meyakini, seperti yang tertera dalam kitab Taurat, bahwa Yaqub pernah bergulat melawan Allah dan berhasil mengalahkan-Nya. (Lihat Taurat: Kitab Kejadian 32/25-29).



Dua Kali

Di dalam Al-Qur’an, nama Ya’qub disebut enam belas kali, dia juga disebut dengan Israil sebanyak dua kali. Namanya dalam Al-Qur’an kerap dirangkaikan bersama Ibrahim dan Ishaq, juga dengan beberapa nabi yang lain, menegaskan kedudukannya sebagai nabi, orang shaleh, dan sosok beriman yang diberi wahyu dan petunjuk oleh Allah.

Disebutkan pula bahwa Allah menganugerahi kitab dan kenabian pada keturunannya. Umat Islam juga diperintahkan untuk beriman kepada wahyu Allah, baik yang diturunkan kepada Muhammad maupun kepada nabi-nabi yang lain, di antaranya adalah Ya’qub, juga diperintahkan untuk tidak membeda-bedakan para nabi dan berserah diri kepada Allah.

Keturunan Lewi

Ulil Amri dalam buku berjudul " Yahudi Ahl al-Kitab" menyebut Nabi Yaqub as memiliki empat orang istri dan dua belas anak. Isteri pertama Li’ah melahirkan enam orang anak: Rawabin, Sami’un, Lawiyah, Yahudza, Badzakir dan Dzambalan.

Isteri kedua, Rahil, melahirkan dua anak: Yusuf dan Benyamin. Isteri ketiga, Zalifah, melahirkan dua anak: Za’ad dan Asyir. Isteri keempat, Barihah, melahirkan anak: Dana dan Naftalia.

Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3448 seconds (0.1#10.140)