Hilonim, Yahudi Mayoritas: Identitas Israel Lebih Penting Ketimbang Yahudi

Sabtu, 04 November 2023 - 11:20 WIB
loading...
Hilonim, Yahudi Mayoritas: Identitas Israel Lebih Penting Ketimbang Yahudi
Hilonim, yang cenderung sekuler dalam pandangan mereka, sejauh ini merupakan kelompok Yahudi terbesar di Israel. Foto/Ilusttrasi: AA
A A A
Survei Pew Research Center pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa hampir semua orang Yahudi Israel mengidentifikasi diri mereka dengan salah satu dari empat subkelompok: Haredi (ultra-Ortodoks), Dati (religius), Masorti (tradisional) dan Hiloni (sekuler).

Selain perbedaan keyakinan dan praktik keagamaan, kelompok-kelompok ini juga menghuni dunia sosial yang berbeda-beda dan dicirikan oleh gaya hidup dan politik mereka masing-masing.



Berikut adalah fakta Yahudi Hiloni atau Hilonim:

Hilonim, yang cenderung sekuler dalam pandangan mereka, sejauh ini merupakan kelompok Yahudi terbesar di Israel, yang mencakup sekitar setengah dari jumlah orang Yahudi Israel.

Hanya 18% yang benar-benar yakin akan keyakinannya kepada Tuhan, dan 40% tidak percaya sama sekali. Hilonim sangat mendukung pemisahan agama dari kehidupan publik di Israel. Misalnya, mereka sangat menentang penutupan transportasi umum pada hari Sabat.

Hilonim adalah satu-satunya kelompok Yahudi di Israel yang mayoritas (59%) mengatakan bahwa identitas Israel mereka lebih penting daripada identitas Yahudi mereka.



Pada saat yang sama, sebagian besar anggota Hilonim mengatakan bahwa mereka bangga menjadi orang Yahudi dan percaya bahwa negara Yahudi diperlukan untuk kelangsungan hidup orang-orang Yahudi.

Mayoritas warga Hilonim mengatakan bahwa mereka ikut serta dalam ritual Yahudi, namun hal ini mencakup acara-acara yang lebih bersifat budaya dibandingkan keagamaan, seperti menyalakan lilin Hanukkah atau menghadiri Seder Paskah.

Pandangan ini mencerminkan fakta bahwa 83% warga Hilonim memandang menjadi Yahudi sebagai masalah keturunan dan budaya, bukan sebagai masalah agama.

Hilonim juga banyak mengatakan bahwa semua atau sebagian besar teman dekat mereka adalah seperti mereka (sekuler), dan mereka juga cenderung menikah dalam kelompok mereka sendiri.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)