Cara Membaca Tajwid Surat Al-Anfal Ayat 72 Beserta Penjelasannya

Minggu, 05 November 2023 - 16:47 WIB
loading...
A A A
يَتِهِمْ مِنْ (Yatihim-Min): Idgham mimi, karena ada huruf Mim mati bertemu dengan huruf Mim. Dibaca dengan dimasukan ke huruf yang kedua.

مِنْ شَيْء (Min-Syaii): Ikhfa haqiqi, karena ada Nun mati/tanwin bertemu dengan huruf Syim. Dibaca samar-samar.

شَيْءٍ حَتَّى (Syain hatta): Izhar halqi, karena ada tanda fathatain bertemu dengan huruf ha. Dibaca jelas di mulut.

اسْتَنْصَرُوكُمْ (Istanshoruu kum): Ikhfa haqiqi, karena ada Nun mati/tanwin bertemu dengan huruf Shad. Dibaca samar-samar.

كُمْ فِي (Kum Fii): Izhar Syafawi, karena ada huruf Mim mati/sukun bertemu dengan huruf Fa. Dibaca terang di bibir dengan mulut tertutup.

الدِّينِ (Addiin): Alif Lam Syamsiyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf dal. Dibaca masuk ke huruf Dal.

فَعَلَيْكُمُ (Fa 'alaikum): Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf ya mati. Dibaca secara lembut.

النَّصْرُ (An-Nashru): Alif Lam Syamsiyah, karena ada huruf alif lam bertemu dengan huruf Nun. Dibaca masuk ke huruf Nun.

قَوْمٍ (Qoum): Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf Waw mati. Dibaca dengan lembut.

مٍ بَيْنَكُمْ (Mim-Bainakum): Ikhfa Syafawi, karena ada huruf Mim mati bertemu dengan huruf Ba. Dibaca secara samar dan mendengung.

بَيْنَكُمْ (Bainakum): Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf Waw mati. Dibaca dengan cara lembut.

بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ (Bainakum wa Bainahum): Izhar safawi, karena ada huruf mim mati/sukun bertemu dengan huruf waw. Dibaca terang di bibir dengan mulut tertutup.

وَبَيْنَهُمْ (Wa Bainahum): Mad layyin, karena ada tanda baca fathah bertemu dengan huruf Ya mati. Dibaca dengan lembut.

وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ (Wa Bainahum Miitsaaq): Idgham mimi, karena ada huruf Mim mati bertemu dengan huruf mim. Dibaca harus dimasukkan ke huruf yang kedua.

مِيثَاقٌ (Miitsaaq): Qalqalah kubra, karena ada huruf Qaf di akhir kalimat. Dibaca dengan memantul secara jelas.

وَاللَّهُ (Wallaahu): Lam Jalalah tafhim, karena ada fatkhah bertemu lafadz اللَّهِ. Dibaca lebih tebal.

بَصِيرٌ (Bashiir): Mad Arid lissukun, karena ada mad thabi'i di akhir kalimat. Dibaca panjang sampai enam harakatlebihutama.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)