10 Ayat Al-Qur'an tentang Bersyukur Beserta Keutamaannya

Jum'at, 24 November 2023 - 17:32 WIB
loading...
A A A
7. Surat Luqman Ayat 14
Dalam ayat ini, Allah memerintahkan manusia agar berbakti kepada kedua orang tuanya sebagai wujud syukur kepada Allah.

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." (QS Luqman Ayat 14)

8. Surat Yasin Ayat 35
Allah menciptakan dan menganugerahkan segala nikmat kepada manusia termasuk makanan dan buah-buahan, agar mereka bersyukur.

لِيَاۡكُلُوۡا مِنۡ ثَمَرِهٖ ۙ وَمَا عَمِلَـتۡهُ اَيۡدِيۡهِمۡ‌ ؕ اَفَلَا يَشۡكُرُوۡنَ

Artinya: "Agar mereka dapat makan dari buahnya, dan dari hasil usaha tangan mereka. Maka mengapa mereka tidak bersyukur?" (QS Yasin Ayat 35)

9. Surat Az-Zumar Ayat 66
Allah menegaskan agar kita senantiasa mengucapkan syukur kepada Allah karena Dia-lah pemberi nikmat yang sesungguhnya.

بَلِ اللّٰهَ فَاعۡبُدۡ وَكُنۡ مِّنَ الشّٰكِرِيۡنَ

Artinya: "Karena itu, hendaklah Allah saja yang engkau sembah dan hendaklah engkau termasuk orang yang bersyukur." (Az-Zumar Ayat 66)

10. Surat Ar-Rum Ayat 46
Ayat ini menceritakan tanda kekuasaan Allah yang memberikan nikmat kepada manusia dalam empat hal: sebagai berita baik, membawa rahmat, kepentingan pelayaran, dan untuk memperoleh karunia Allah.

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ يُّرۡسِلَ الرِّيَاحَ مُبَشِّرٰتٍ وَّلِيُذِيۡقَكُمۡ مِّنۡ رَّحۡمَتِهٖ وَلِتَجۡرِىَ الۡفُلۡكُ بِاَمۡرِهٖ وَلِتَبۡتَغُوۡا مِنۡ فَضۡلِهٖ وَلَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُوۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya adalah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan agar kamu merasakan sebagian dari rahmat-Nya dan agar kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) agar kamu dapat mencari sebagian dari karunia-Nya, dan agar kamu bersyukur." (QS Ar-Rum Ayat 46)

Itulah 10 ayat Al-Qur'an tentang bersyukur. Selain ayat di atas, masih banyak lagi ayat Al-Qur'an yang memerintahkan manusia untuk bersyukur kepada Allah Yang Maha Pengasih.

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)