Kisah Pembebasan Al-Aqsha: Salib Besar Diungsikan ke Gereja Santo Aya Sophia

Rabu, 06 Desember 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Umar bin Khattab menerima surat itu dan membacanya. Yang sudah pasti, sumber-sumber para sejarawan itu semua menyebutkan - dari kalangan Muslimin dan yang bukan - bahwa setelah itu Umar pergi ke Baitulmukadas dan mengadakan perjanjian damai dengan para penguasa kota itu. Tetapi apa yang terjadi antara diterimanya surat itu dengan kedatangannya ke Palestina serta perjanjian damai yang diadakan terdapat perbedaan sangat besar.

Menurut Haekal, yang sudah sama-sama disepakati, bahwa kejadian di Ajnadain itu membuat pihak Baitulmukadas diliputi rasa ketakutan. Yang sudah tertanam dalam hati mereka bahwa kota ini pasti akan dikuasai Arab. Itu sebabnya mereka cepat-cepat mengadakan persetujuan dengan Uskup Agung Severinus.



Salib Besar dan segala perlengkapan yang ada dalam gereja-gereja dipindahkan ke pantai dan dimasukkan ke dalam kapal lalu dikirimkan kepada Raja di Konstantinopel, untuk kemudian meletakkan Salib Besar itu di Gereja Santo Aya Sophia.

Atrabun sudah terlebih dahulu menarik angkatan bersenjatanya dari Baitulmukadas ke Mesir sebelum ada perundingan damai antara Umar dengan utusan-utusan kota Baitulmukadas.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)