Pembebasan Syam: Kisah Khalid bin Walid dan Pasukannya Melakukan Perjalanan dari Irak

Sabtu, 09 Desember 2023 - 10:05 WIB
loading...
A A A
Sebaliknya, kata Haekal, mereka yang menyebutkan jumlah anggota pasukan itu di bawah seribu orang ingin memperkuat pendapatnya bahwa tujuan perjalanan pasukan Khalid ke Syam hanya karena kejeniusannya sebagai komandan.

Akan tetapi pasukannya yang menghadapi pasukan Romawi tidak sedikit jumlahnya, dan bala bantuan itu datang terus-menerus dari Madinah. Maka perjalanan Khalid dengan sejumlah kecil pasukan itu dimaksudkan supaya tidak mengganggu kecepatannya seperti jika dengan jumlah besar untuk menolong siapa saja yang menurut pendapat Khalifah perlu ditolong.



Sebagian lagi ada yang mengambil jalan tengah, bahwa Khalid dari Irak sudah membagi dua pasukannya. Setelah sampai di Quraqir dan bermaksud hendak melintangi gurun pasir tandus itu ia pergi hanya dengan beberapa ratus orang, dan pasukannya yang lain meneruskan perjalanan dari Wadi Sirhan supaya dapat bergabung dengan pasukan Muslimin di Bosra.

Menurut Haekal, pendapat ini bukan mustahil meskipun bertentangan bahwa kekhawatiran Khalid akan disambut oleh pasukan Romawi sehingga ia akan terhalang untuk menolong pasukan Muslimin. Dan ini akan mencemarkan namanya bahwa dia mempertaruhkan sebagian besar pasukannya untuk hal-hal yang tak perlu terjadi, baik terhadap dirinya atau terhadap anggota pasukan yang sudah dipilihnya itu untuk berangkat.

Apa pun pendapat orang tentang perjalanan Khalid dan pasukan yang dibawanya dari Irak itu, yang jelas dia dapat menyusul pasukan Muslimin di Yarmuk dan bersama-sama dengan mereka mau menghadapi pihak pasukan Romawi.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)