Profil dan Biografi Aisyah binti Abu Bakar, Istri Nabi Muhammad SAW yang Banyak Julukan

Rabu, 27 Desember 2023 - 15:39 WIB
loading...
A A A
Sayyidah Aisyah memiliki sejumlah julukan yang tersemat kepadanya, selain Ummul Mukminin atau ibunda para kaum mukmin. Selain itu, ada juga gelar berupa Ash-Shiddiqah. Adapun arti dari gelar tersebut adalah ‘wanita yang membenarkan’.

Kemudian, Aisyah pernah mendapat panggilan Al-Humaira. Panggilan tersebut biasa disematkan kepada perempuan yang pipinya terlihat kemerah-merahan.

Berbagai keistimewaan dimiliki Aisyah binti Abu Bakar. Pertama, bisa disebutkan bahwa ia menjadi orang yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW.

Suatu ketika, Amr bin Ash bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Wahai Rasulullah, siapakah manusia yang paling engkau cintai?” Beliau menjawab, “Aisyah.” “Dari kalangan laki-laki?” tanya Amr. Beliau menjawab, “Bapaknya.” (HR Bukhari (3662) dan Muslim (2384)).

Kemudian, kesucian Aisyah juga diakui Allah SWT dari atas langit ketujuh. Malaikat telah menampakkan Aisyah selama tiga malam berturut-turut kepada Rasulullah sebelum beliau menikahinya. Hal tersebut sebagaimana sabda Beliau SAW:

رأيتُك في المنام ثلاث ليال ، جاء بك الملك في سرقة من حرير، فيقول : هذه امرأتك فأكشف عن وجهك فإذا أنت فيه، فأقول : إن يك هذا من عند الله يُمضه


“Aku melihatmu (Aisyah) dalam mimpiku selama tiga malam. Malaikat datang membawamu dengan mengenakan pakaian sutra putih. Malaikat itu berkata, ‘Ini adalah istrimu’. Lalu kusingkapkan penutup wajahmu, ternyata itu adalah dirimu. Aku bergumam, ‘Seandainya mimpi ini datangnya dari Allah, pasti Dia akan menjadikannya nyata.” (HR. Bukhari dan Muslim).



Akhir Hayat

Aisyah binti Abu Bakar wafat saat era Muawiyah, kurang lebih sekitar 678 Masehi. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Aisyah wafat dalam usia 67 tahun. Setelahnya, ia dimakamkan di Baqi’.

Demikian ulasan mengenai profil dan biografi Aisyah binti Abu Bakar yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2559 seconds (0.1#10.140)