Israel Sudah Jatuhkan 30.000 Bom dan Peluru di Gaza dalam 100 Hari

Minggu, 21 Januari 2024 - 07:58 WIB
loading...
Israel Sudah Jatuhkan 30.000 Bom dan Peluru di Gaza dalam 100 Hari
Israel telah menjatuhkan hampir 30.000 bom dan peluru di Gaza dalam 100 hari. Foto/Ilustrasi: al Jazeera
A A A
Israel telah menjatuhkan hampir 30.000 bom dan peluru di Gaza dalam 100 hari, delapan kali lebih banyak dibandingkan yang dijatuhkan AS di Irak dalam enam tahun perang.

Middle East Eye atau MEE melaporkan Amerika , Inggris , dan Jerman melakukan lebih dari sekadar menyaksikan bencana kemanusiaan terjadi di Gaza. Negeri-negeri itu secara aktif berkontribusi dengan memberi makan mesin militer Israel, sarana untuk melanjutkan perang ini tanpa batas waktu.

Yediot Ahronoth, sebuah surat kabar Israel dengan sumber pemerintah, melaporkan bahwa sejak 7 Oktober, AS telah mengirimkan 230 pesawat kargo dan 20 kapal berisi peluru artileri, kendaraan lapis baja, dan peralatan tempur.

Tingkat pasokan senjata ini bertentangan dengan retorika Amerika, yang mana Washington sangat ahli dalam hal ini.

"Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken layak mendapatkan Oscar atas penampilannya di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss," tulis Pemimpin Redaksi Middle East Eye atau MEE, David Hearst.

Baca Juga: Kebiadaban Israel: Palestina Berterima Kasih kepada Afrika Selatan

Ketika ditanya oleh kolumnis New York Times Thomas Friedman apakah nyawa umat Islam dan Kristen lebih berharga dibandingkan nyawa Yahudi, Blinken menjawab dengan suara yang penuh emosi: “Tidak. Bagi saya, apa yang kita lihat setiap hari di Gaza sangat memilukan. Dan penderitaan yang kita lihat di antara pria, wanita, dan anak-anak yang tidak bersalah membuat hati saya patah. Pertanyaannya adalah, apa yang harus dilakukan?”

Bagaimana kalau menyerukan gencatan senjata segera? Bagaimana dengan menghentikan pasokan peluru dan bom AS? Bagaimana kalau mendukung klaim Afrika Selatan bahwa ini adalah genosida, atau setidaknya kejahatan perang?

Banyak penerbangan yang membawa senjata dan peralatan AS telah melewati pangkalan Inggris di Akrotiri di Siprus, menurut situs investigasi Inggris Declassified, menyusul laporan Haaretz bahwa lebih dari 40 pesawat angkut AS dan 20 Inggris, bersama dengan tujuh helikopter angkut berat, telah terbang ke RAF Akrotiri, penerbangan 40 menit dari Tel Aviv.

Jerman dilaporkan sedang mempertimbangkan pengiriman 10.000 butir amunisi presisi 120 mm ke Israel, sebuah permintaan yang pada prinsipnya telah disetujui.

"Dalam hal mengatakan satu hal dan melakukan hal lain, Turki juga sama buruknya karena gagal menghentikan perdagangannya yang sedang berkembang dengan Israel," ujar David Hearst.



"Tidaklah cukup untuk mengatakan bahwa bahkan pada saat insiden Mavi Marmara, ketika armada Turki diserbu oleh pasukan komando Israel di laut lepas, perdagangan terus berlanjut."

Juga tidak cukup untuk mengatakan bahwa kemarahan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan ditujukan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu secara pribadi dan bukan terhadap Israel secara keseluruhan. Pemimpin oposisi Benny Gantz sama-sama bersalah atas pembantaian di Gaza seperti halnya Netanyahu.

Seperti serangan Rusia terhadap Ukraina, pemboman Israel di Gaza juga begitu hebat hingga Israel hampir kehabisan amunisi.

Menghentikan Israel melakukan pembunuhan massal terhadap laki-laki, perempuan dan anak-anak yang tidak bersalah bukan lagi persoalan kiri atau kanan dalam politik Barat. Satu-satunya hal yang penting bagi warga Palestina adalah Presiden AS Joe Biden adalah anggota Partai Perang yang dibayar penuh, seperti banyak pendahulunya dan orang-orang sezamannya di AS dan Inggris.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4327 seconds (0.1#10.140)