Kisah Warga Suriah: Bukan Hanya Gempa Bumi, Puluhan Bom Jatuh di Kamp Kami

Kamis, 08 Februari 2024 - 17:39 WIB
loading...
A A A
“Saya menyalakan api dengan kayu, mengubahnya menjadi abu [dan membawanya ke dalam tenda agar anak-anak saya tetap hangat]. Anda tahu, banyak orang yang merokok dan berdampak pada kesehatan mereka,” katanya kepada staf Save the Children. “Kalau ke dokter katanya karena asap. Entah merokok atau kedinginan. Kami tidak tahu harus berbuat apa.”

Terlalu banyak keluarga, seperti keluarga Zaina, menghadapi kenyataan yang menyedihkan – memutuskan antara kesehatan anak-anak mereka atau memanaskan rumah mereka. Ini adalah pilihan yang mustahil di tengah musim dingin yang keras.

Suhu dingin yang membekukan terjadi setelah musim panas yang terik yang ditandai dengan curah hujan yang tidak menentu, yang memicu kebakaran hutan dahsyat di seluruh negeri pada bulan Juli, yang berdampak pada 73 desa dan sekitar 50.000 orang.



Titik Puncak

Banyak anak, seperti sepupu saya Naya, yang terguncang akibat konflik dan gempa bumi. Kembali ke sekolah setelah kehilangan saudara perempuannya, dia hanya memiliki sedikit cara untuk mendapatkan dukungan.

Hampir tidak ada dukungan kesehatan mental yang tersedia bagi kaum muda, meskipun hampir 70 persen anak-anak berjuang melawan kesedihan, menurut survei yang dilakukan oleh Save the Children. Sekitar sepertiga rumah tangga di Suriah memiliki anak-anak yang menunjukkan tanda-tanda tekanan mental, PBB melaporkan.

Lebih dari separuh petugas kesehatan, termasuk profesional kesehatan mental yang berkualifikasi, telah meninggalkan negara ini selama dekade terakhir.

“Saya masih merasakan guncangan di tanah,” seorang anak laki-laki berusia delapan tahun di Suriah utara mengatakan kepada staf kami, “Bukan hanya gempa bumi yang membuat saya takut – puluhan bom jatuh di kamp kami.”

Ayah anak laki-laki tersebut meninggal dalam pemboman sebelum gempa bumi. Ibunya hidup dari bantuan, dan uangnya hampir tidak cukup untuk membeli roti. Dia mengatakan dia menjadi semakin menyendiri, terus-menerus hidup dalam ketakutan akan hidupnya.

Sebelum gempa terjadi, sistem pendidikan di Suriah sudah mengalami kesulitan. Menurut PBB, lebih dari 7.000 sekolah telah rusak atau hancur. Sekitar dua juta anak tidak bersekolah dan 1,6 juta anak berisiko putus sekolah.



Gempa bumi memperburuk situasi, terutama di barat laut Suriah, dimana 54 persen sekolah terkena dampaknya.

Lebih Sedikit Bantuan

Banyak daerah yang terkena dampak gempa bumi telah menjadi titik fokus konflik dalam lima tahun terakhir. Gempa bumi menghancurkan masyarakat yang sudah berjuang untuk mengatasinya. Hal ini berdampak pada orang-orang yang berada pada titik puncaknya – secara mental, fisik, dan finansial.

Ketika kebutuhan meningkat, bantuan pun menurun. Rencana tanggap kemanusiaan PBB hanya didanai sebesar 37,8 persen pada tahun 2023. Akhir tahun lalu, laporan media mengindikasikan bahwa Program Pangan Dunia (WFP) akan menghentikan sebagian besar program bantuan pangan utamanya di negara tersebut pada tahun ini karena kurangnya dana.

Pada saat yang sama, kesadaran internasional mengenai krisis di Suriah juga semakin memudar, sehingga membuat banyak orang khawatir bahwa dunia akan melupakan rakyat Suriah.

Menyusul kematian tragis keluarga saya, saya berpidato di Dewan Keamanan PBB tahun lalu dan mendesak masyarakat internasional untuk menggunakan gempa bumi sebagai momen untuk mengevaluasi kembali pendekatan mereka terhadap Suriah.



Sebagai seorang warga Suriah dan seorang aktivis kemanusiaan, saya memperingatkan bahwa gempa bumi dapat membawa negara ini ke jurang kehancuran dan membuat generasi berikutnya sangat bergantung pada bantuan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)