29 Jenis Hukum Tajwid Beserta Contoh dan Penjelasanya

Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:23 WIB
loading...
A A A
Contoh :
بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِ

21. Mad Shilah Qashirah

Mad Shilah Qashirah terjadi bila ada huruf ha dhamir (ه) yang huruf sebelumnya hidup (berharakat). Dibaca panjang dua harakat.

Contoh :
بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِ

23. Mad Shilah Thawilah

Hukum bacaan ini terjadi bila terdapat ha dhamir (ه) bertemu dengan huruf hamzah yang berharakat setelahnya. Dibaca panjang lima harakat.

Contoh :
عِنْدَهٗٓ اِلَّا

24. Mad Tamkin

Hukum ini berlaku bila terdapat dua huruf ya yang bertemu, dimana salah satunya berharakat tasydid (ـّـ) juga kasrah (ـِـ), sementara huruf ya' yang kedua berharakat sukun (ـْـ). Dibaca panjang dua harakat.

Contoh :
النَّبِيّٖنَ

25. Mad Farq

Mad Farq terjadi bila dua hamzah bertemu, yaitu hamzah istifham (untuk bertanya) dan hamzah washal pada alif lam ma'rifah (ال). Dibaca panjang enam harakat.

Contoh :
قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ

26. Alif Lam Qomariyah

Hukum bacaan ini muncul ketika alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu huruf qomariah, yakni ba (ب), jim (ج), kha (ح), kho (خ), ‘ain (ع), ghoin (غ), fa (ف), qof (ق), kaf (ك), mim (م), wawu (و), hamzah (ء), ha (ه), dan ya (ي). Wajib dibaca jelas.

Contoh :

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ


Dibaca, "zaalikal-kitabu".

27. Alif Lam Syamsiah

Merupakan hukum dimana alif lam sukun yang bertemu dengan salah satu huruf syamsiyah, yaitu ta (ت), tsa (ث), dal (د), dzal (ذ), ra (ر), za (ز), sin (س), syin (ش), shod (ص), dhod (ض), tho (ط), dhlo (ظ), lam (ل), dan nun (ن). Dibaca tidak jelas atau melebur dengan huruf setelahnya (idgam).

Contoh :

الرُّجْعٰٓى


Dibaca, "arruj'aa"

28. Qalqalah Sugra

Qalqalah Sugra adalah setiap huruf qalqalah yang mendapat sukun di tengah kata atau kalimat.

Contoh :

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ


Dibaca, "Innasyaaniaka huwal abtar (abbetar)". (QS. Al Kautsar: 3)

29. Qalqalah Kubra

Qalqalah Kubra adalah ketika huruf qalqalah berharakat hidup yang dibaca mati karena di akhir kalimat atau mendapat waqaf.

Contoh :

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ


Dibaca, "Qul huwallaahu ahadd".

Itulah sejumlah hukum bacaan atau tajwid. Penjelasan di atas dapat dijadikan bahan untuk belajar supaya ketika membaca Al Quran dapat lebih jelas tanpa adanya salah baca yang menimbulkan salah arti.

(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)