Hadis Orang-Orang Hina sebagai Pemimpin Tanda-Tanda Kiamat
loading...
A
A
A
Berikut ini sebagian hadis yang menunjukkan diangkatnya orang-orang hina sebagai pemimpin , dan hal itu merupakan tanda-tanda Kiamat .
Dr Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil dalam kitab Asyraathus Saa'ah menyebut di antaranya adalah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Abu Hurairah ra , Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya akan datang pada manusia tahun-tahun yang penuh dengan tipuan, seorang pembohong dibenarkan dan seorang yang jujur dianggap berbohong, seorang pengkhianat dipercaya dan seseorang yang dipercaya dianggap khianat, dan saat itu Ruwaibidhah akan berbicara.” Ditanyakan kepada beliau, “Siapakah Ruwaibidhah itu?” Beliau menjawab, “Ia adalah orang bodoh yang berbicara tentang urusan orang banyak (umat).”[Musnad Imam Ahmad (XV/37-38)]
Dan di dalam hadis Jibril yang panjang diungkapkan:
“Akan tetapi akan aku kabarkan kepadamu tanda-tandanya… yaitu jika orang yang telanjang tanpa alas kaki menjadi pemimpin manusia, maka itulah di antara tanda-tandanya.”[Shahiih Muslim, kitab al-Iimaan, bab Bayaanul Iimaan wal Islaam wal Ihsaan (I/163, Syarh an-Nawawi)].
Diriwayatkan dari ‘Umar bin al-Khattab ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda:
‘Di antara tanda-tanda Kiamat adalah orang-orang bodoh menguasai dunia, maka manusia yang paling baik ketika itu adalah seorang mukmin di antara dua orang mulia.’”[Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Ausath dengan dua sanad, dan para perawi salah satu dari keduanya tsiqah.” Majma’uz Zawaa-id (VII/325)].
Dijelaskan dalam sebuah hadits shahih:
“Jika suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tung-gulah Kiamat.”[Shahiihul Bukhari, kitab ar-Riqaaq, bab Raf’ul Amaanah (XI/332, al-Fat-h)].
Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah ra beliau berkata:
“Di antara tanda-tanda Kiamat… at-Tuhuut ada di atas al-Wa-’uul”, apakah demikian kamu mendengarnya diri Nabi wahai ‘Abdullah bin Mas’ud?” Beliau menjawab, “Betul, demi Rabb Ka’bah,” kami bertanya, “Apakah at-Tuhuut itu?” Beliau menjawab, “Mereka adalah orang-orang hina, dan orang dusun yang diangkat di atas orang-orang shalih, sementara al-Wa’uul adalah penghuni rumah yang shalih.”[Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Ausath dengan dua sanad, dan perawi salah satunya adalah tsiqah.” (Majma’uz Zawaa-id VII/325)].
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, beliau berkata, “Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak akan lenyap dunia sehingga orang-orang pandir menguasainya.”[ Musnad Imam Ahmad]
Maknanya adalah sehingga kenikmatan, kelezatan, dan kehormatan mengarah kepadanya.
Dan dalam riwayat Imam Ahmad dari Hudzaifah Ibnul Yaman ra, bahwasanya Nabi SAW bersabda:
“Tidak akan datang hari Kiamat hingga manusia yang paling berbahagia dengan dunia adalah orang-orang pandir.”[Musnad Imam Ahmad]
Dijelaskan dalam ash-Shahiihain dari Hudzaifah Ibnul Yaman ra yang beliau riwayatkan dari Nabi SAWtentang hilangnya amanah:
Dr Yusuf bin Abdillah bin Yusuf al-Wabil dalam kitab Asyraathus Saa'ah menyebut di antaranya adalah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Abu Hurairah ra , Rasulullah SAW bersabda:
إِنَّهَا سَتَأْتِي عَلَى النَّاسِ سِنُونَ خَدَّاعَةٌ، يُصَدَّقُ فِيهَا الْكَاذِبُ، وَيُكَذَّبُ فِيهَا الصَّادِقُ، وَيُؤْتَمَنُ فِيهَا الْخَائِنُ، وَيُخَوَّنُ فِيهَا اْلأَمِينُ، وَيَنْطِقُ فِيهَا الرُّوَيْبِضَةُ، قِيلَ: وَمَـا الرُّوَيْبِضَةُ؟ قَالَ: السَّفِيهُ يَتَكَلَّمُ فِي أَمْرِ الْعَامَّةِ.
“Sesungguhnya akan datang pada manusia tahun-tahun yang penuh dengan tipuan, seorang pembohong dibenarkan dan seorang yang jujur dianggap berbohong, seorang pengkhianat dipercaya dan seseorang yang dipercaya dianggap khianat, dan saat itu Ruwaibidhah akan berbicara.” Ditanyakan kepada beliau, “Siapakah Ruwaibidhah itu?” Beliau menjawab, “Ia adalah orang bodoh yang berbicara tentang urusan orang banyak (umat).”[Musnad Imam Ahmad (XV/37-38)]
Dan di dalam hadis Jibril yang panjang diungkapkan:
وَلَكِنْ سَأُحَدِّثُكَ عَنْ أَشْـرَاطِهَا… وَإِذَا كَانَتِ الْعُرُاةُ الْحُفَاةُ رُؤُوْسَ النَّاسِ، فَذَاكَ مِنْ أَشْرَاطِهَا.
“Akan tetapi akan aku kabarkan kepadamu tanda-tandanya… yaitu jika orang yang telanjang tanpa alas kaki menjadi pemimpin manusia, maka itulah di antara tanda-tandanya.”[Shahiih Muslim, kitab al-Iimaan, bab Bayaanul Iimaan wal Islaam wal Ihsaan (I/163, Syarh an-Nawawi)].
Diriwayatkan dari ‘Umar bin al-Khattab ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda:
مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ: أَنْ يَغْلِبَ عَلَى الدُّنْيَا لُكَعُ ابْنُ لُكَعٍ فَخَيْرُ النَّاسِ يَوْمَئِذٍ مُؤْمِنٌ بَيْنَ كَرِيْمَيْنِ.
‘Di antara tanda-tanda Kiamat adalah orang-orang bodoh menguasai dunia, maka manusia yang paling baik ketika itu adalah seorang mukmin di antara dua orang mulia.’”[Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Ausath dengan dua sanad, dan para perawi salah satu dari keduanya tsiqah.” Majma’uz Zawaa-id (VII/325)].
Dijelaskan dalam sebuah hadits shahih:
إِذَا أُسْنِدَ اْلأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ.
“Jika suatu urusan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tung-gulah Kiamat.”[Shahiihul Bukhari, kitab ar-Riqaaq, bab Raf’ul Amaanah (XI/332, al-Fat-h)].
Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah ra beliau berkata:
مِنْ أَشْرَاطِ السَّاعَةِ… أَنْ يَعْلُوَ التُّحُوْتُ الْوَعُوْلَ، أَكَذَلِكَ يَا عَبْدَ اللهِ بْـنِ مَسْعُوْدٍ سَمِعْتَهُ مِنْ نَبِيٍّ؟ قَالَ: نَعَمْ، وَرَبِّ الْكَعْبَةِ. قُلْنَـا: وَمَا التُّحُوْتُ؟ قَالَ: فُسُـوْلُ الرِّجَالِ، وَأَهْلُ الْبَيْتِ الْغَامِضَةِ يُرْفَعُوْنَ فَوْقَ صَالِحِيْهِمْ. وَالْوَعُوْلُ: أَهْلُ الْبَيْتِ الصَّالِحَة.ُ
“Di antara tanda-tanda Kiamat… at-Tuhuut ada di atas al-Wa-’uul”, apakah demikian kamu mendengarnya diri Nabi wahai ‘Abdullah bin Mas’ud?” Beliau menjawab, “Betul, demi Rabb Ka’bah,” kami bertanya, “Apakah at-Tuhuut itu?” Beliau menjawab, “Mereka adalah orang-orang hina, dan orang dusun yang diangkat di atas orang-orang shalih, sementara al-Wa’uul adalah penghuni rumah yang shalih.”[Al-Haitsami berkata, “Diriwayatkan oleh ath-Thabrani dalam al-Ausath dengan dua sanad, dan perawi salah satunya adalah tsiqah.” (Majma’uz Zawaa-id VII/325)].
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah ra, beliau berkata, “Rasulullah SAW bersabda:
لاَ تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى تَصِيرَ لِلُكَعِ ابْنِ لُكَعٍ.
“Tidak akan lenyap dunia sehingga orang-orang pandir menguasainya.”[ Musnad Imam Ahmad]
Maknanya adalah sehingga kenikmatan, kelezatan, dan kehormatan mengarah kepadanya.
Dan dalam riwayat Imam Ahmad dari Hudzaifah Ibnul Yaman ra, bahwasanya Nabi SAW bersabda:
لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَكُونَ أَسْعَدَ النَّاسِ بِالدُّنْيَا لُكَعُ ابْنُ لُكَعٍ.
“Tidak akan datang hari Kiamat hingga manusia yang paling berbahagia dengan dunia adalah orang-orang pandir.”[Musnad Imam Ahmad]
Dijelaskan dalam ash-Shahiihain dari Hudzaifah Ibnul Yaman ra yang beliau riwayatkan dari Nabi SAWtentang hilangnya amanah: