Kemuliaan dan Keutamaan Sifat Istri Saleha

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 09:43 WIB
loading...
A A A
“Apabila seorang wanita salat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya, ‘Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai’.” (HR. Ahmad)

Dari dalil yang telah disebutkan di atas, dapatlah disimpulkan bahwa sifat istri yang saleha adalah sebagai berikut:

1. Mentauhidkan Allah Subhanahu wa ta’ala dengan mempersembahkan ibadah hanya kepada-Nya tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun.

2. Tunduk kepada perintah Allah Ta'ala, terus-menerus dalam ketaatan kepada- Nya dengan banyak melakukan ibadah seperti salat, puasa, bersedekah, dan selainnya. Membenarkan segala perintah dan larangan Allah Subhanahu wa ta’ala.

3. Menjauhi segala perkara yang dilarang dan menjauhi sifat-sifat yang rendah. Selalu kembali kepada Allah Ta’ala dan bertaubat kepada-Nya sehingga lisannya senantiasa dipenuhi istighfar dan zikir kepada-Nya. Sebaliknya ia jauh dari perkataan yang laghwi, tidak bermanfaat dan membawa dosa seperti dusta, ghibah, namimah, dan lainnya. (Baca juga : Bila Harus Menikah Tanpa Cinta, Inilah Tipsnya! )

4. Menaati suami dalam perkara kebaikan bukan dalam bermaksiat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan melaksanakan hak-hak suami sebaik-baiknya.

5. Menjaga dirinya ketika suami tidak berada di sisinya. Ia menjaga kehormatannya dari tangan yang hendak menyentuh, dari mata yang hendak melihat, atau dari telinga yang hendak mendengar. Demikian juga menjaga anak-anak, rumah, dan harta suaminya.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3681 seconds (0.1#10.140)