Tertinggi, Aktivitas Non-Migas Sumbang 50 persen PDB Arab Saudi

Jum'at, 15 Maret 2024 - 14:51 WIB
loading...
Tertinggi, Aktivitas Non-Migas Sumbang 50 persen PDB Arab Saudi
Sektor non-migas Arab Saudi mulai mengisi 50 persen PDB. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Ekonomi Arab Saudi berubah drastis. Pada 2023, aktivitas ekonomi non-migas negeri itu berkontribusi 50 persen terhadap produk domestik bruto. "Ini adalah tingkat tertinggi yang pernah terjadi," kata Kementerian Ekonomi dan Perencanaan.

Arab News melaporkan total perekonomian non-migas Arab Saudi telah mencapai $453 miliar dengan harga konstan, didorong oleh pertumbuhan investasi , konsumsi, dan ekspor yang berkelanjutan.

Terdapat kinerja investasi non-pemerintah yang belum pernah terjadi sebelumnya selama dua tahun terakhir, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 57 persen, menjadikan nilainya pada tahun 2023 mencapai tingkat tertinggi dalam sejarah yaitu $255 miliar.



Seni dan hiburan memimpin pertumbuhan aktivitas non-migas, dengan nilai lebih dari dua kali lipat pada tahun 2021-2022. Kegiatan lain seperti jasa akomodasi, makanan, transportasi dan pergudangan mencatat tingkat pertumbuhan yang kuat masing-masing sebesar 77 persen dan 29 persen.

Pertumbuhan kegiatan non-migas pada tahun 2023 luar biasa dalam hal keragaman kontribusi dan momentum pertumbuhan. Jasa sosial seperti kesehatan dan pendidikan mencatat pertumbuhan sebesar 10,8 persen, disusul pengangkutan dan komunikasi sebesar 3,7 persen, serta perdagangan, restoran, dan hotel sebesar 7 persen.

Ekspor jasa riil yang diwakili oleh belanja wisatawan mencatat tingkat pertumbuhan bersejarah sebesar 319 persen selama dua tahun terakhir, yang mencerminkan dampak nyata dari transformasi Kerajaan Arab Saudi menjadi tujuan pariwisata dan hiburan global serta memajukan proses diversifikasi ekonomi.

Peningkatan aktivitas ekonomi non-minyak sebagai bagian dari total PDB merupakan tujuan utama Visi Saudi 2030, yang bertujuan untuk mencapai perekonomian yang makmur dengan mendiversifikasi mesin pertumbuhan dari hidrokarbon.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)