Muslim Filipina: Berbagi Makanan Membuat Buka Puasa Istimewa

Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:51 WIB
loading...
Muslim Filipina: Berbagi Makanan Membuat Buka Puasa Istimewa
Salah satu restoran Muslim Filipina di kompleks Masjid Emas Manila di Quiapo. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
MANILA - Mulai dari pisang dengan santan hingga nasi dengan abon ayam yang renyah dan daging karamel yang dimasak perlahan, umat Islam Filipina menyajikan hidangan istimewa selama Ramadan – menghidupkan kembali hubungan negara mayoritas Katolik mereka dengan warisan Islam yang telah berusia berabad-abad.

Terdapat sekitar 12 juta Muslim di Filipina, atau sekitar 10 persen dari populasi, sebagian besar tinggal di pulau Mindanao dan kepulauan Sulu di selatan negara tersebut, serta di Manila.

Sebagai komunitas Muslim terbesar ketiga di Asia Tenggara , setelah Indonesia dan Malaysia, Muslim Filipina berperan penting dalam upaya negara ini untuk memperluas industri halalnya. Sebagian besar ekspansi ini berkaitan dengan makanan, menjadikan tradisi kuliner Muslim sebagai pusat perhatian, terutama selama bulan Ramadan, ketika pesta buka puasa ditutup setiap hari puasa.



Puasa biasanya berbuka dengan pangat, pisang rebus dengan santan manis, atau sindol, sup serupa tetapi dengan ubi ungu dan nangka.

Bagi Aleem Guiapal, sup manisan adalah makanan pokok selama bulan suci Ramadan. Aleem Guiapal berasal dari Maguindanao di Mindanao tengah-selatan, dan merupakan manajer proyek Program Pengembangan Industri Halal pemerintah Filipina.

“Dalam budaya Maguindanao, kami selalu melakukan hal itu setiap hari selama Ramadan… sepanjang bulan,” katanya kepada Arab News.

“Setelah Anda minum air dan makan kurma – yang merupakan bagian dari tradisi Islam – maka Anda akan mendapatkan pangat atau sindol. Rasanya manis, panas, dan buah yang dijadikan bahan seperti pisang dan ubi ungu kaya akan potasium. Jadi, ini benar-benar mengenyangkan dan memberi Anda energi.”

Hidangan ringan di banyak rumah tangga diikuti dengan nasi dengan kagikit – makanan siap saji, yang sering dijual oleh pedagang kaki lima.

“Ini adalah makanan siap saji. Nasi ini diberi topping abon ayam yang renyah dan dibungkus dengan daun pisang. Untuk memasak topping ayamnya kita tambahkan minyak zaitun atau kelapa dan bumbu yang banyak, lalu kita masak hingga renyah,” kata Guiapal.



Ada juga telur ikan, yang dikenal sebagai budi di kalangan Maranao di provinsi Lanao del Sur dan sebagai pugha di kalangan Tausug di Mindanao barat dan di kepulauan Sulu.

Kelezatan yang mahal, telur asin yang dimasak dengan kunyit dan santan menjadi sorotan istimewa di malam Ramadan.
“Ini sangat istimewa,” kata Mary Ann Sumpingan, yang menjual hidangan Maranao di dekat Masjid Emas Manila. “Kamu seperti VIP saat makan budi.”

Hidangan Maranao lain yang direkomendasikan Sumpingan adalah piaparan ayam — ayam yang dimasak dengan santan, kunyit, dan pasta khusus yang terbuat dari daun bawang, bawang putih, jahe, dan cabai.

Leak liar, atau sakurab, adalah bahan khusus dalam masakan Muslim Maranao, dan juga digunakan dalam hidangan khusus lainnya, rendang daging sapi, yang diproduksi dengan berbagai cara di berbagai komunitas di Indonesia dan Malaysia.

“Sakurab hanya ditemukan di Marawi. Anda memotongnya dan mencampurkannya dengan kelapa, lalu menambahkannya ke daging sapi,” kata Samira Gutoc, penduduk asli Kota Marawi.



Untuk membuat rendang, daging sapi dimasak perlahan dalam santan, lengkuas, dan serai hingga hampir seluruh kelembapannya menguap dan daging menjadi empuk dan menjadi karamel. Seringkali disajikan dengan nasi kunyit.

“Rendang daging sapi adalah makanan pokok… selama Ramadan, ketika sepanjang hari Anda lapar, itu benar-benar salah satu hidangan istimewa,” kata Gutoc kepada Arab News.

“Nasi kuningnya — sangat istimewa. Ini memberi Anda perasaan diperlakukan secara royal.”

Namun bukan nasi aromatiknya yang menjadi highlight buka puasa bagi Gutoc.

Sebaliknya, makanannya adalah sarapan, makan siang, dan makan malam sekaligus, dan pengalaman membaginya dengan orang lain – keluarga, tetangga, kolega, dan anggota komunitas lainnya.
“Kami berbagi makanan,” kata Gutoc. “Dengan semua orang hadir di meja, itulah yang membuat buka puasa menjadi istimewa.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2994 seconds (0.1#10.140)