Ekonomi Halal Global Akan Mencapai USD7,7 Triliun Pada 2025

Sabtu, 30 Maret 2024 - 05:15 WIB
loading...
Ekonomi Halal Global Akan Mencapai USD7,7 Triliun Pada 2025
Keuangan Islam sebagai sebuah sektor baru berusia 30 tahun, dengan perkembangan terbesar dalam 15 tahun terakhir. Ilustrasi: Ist
A A A
Ekonomi halal Islam global diperkirakan akan mencapai nilai pasar sebesar USD7,7 triliun pada tahun 2025, lebih dari dua kali lipat nilai pasar halal sebesar USD3,2 triliun pada tahun 2015. Secara signifikan juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pasar sebesar USD5,7 triliun yang dicapai tahun 2021.

Laporan General Council for Islamic Banks and Financial Institutions mengungkapkan tahun lalu pasar dana Islam global telah tumbuh lebih dari 300 persen selama dekade terakhir, dengan hampir USD200 miliar kini dikelola secara global.

Statistik tersebut menggambarkan peningkatan permintaan terhadap investasi halal – atau “sesuai syariah” – dan peluang.

Berinvestasi diperbolehkan dalam Islam, namun aspek-aspek tertentu dalam praktik investasi – seperti membebankan atau membayar bunga – tidak diperbolehkan. Hal ini secara tradisional berarti kurangnya peluang bagi penabung dan investor Muslim di masa lalu.



Apa itu investasi halal?

Halal adalah istilah Arab yang berarti “diizinkan” dan menetapkan bahwa:

- Transaksi tidak boleh melibatkan “ riba ” (bunga).

- Investasi tidak boleh dilakukan pada aset atau komoditas yang “ haram ” (melanggar hukum) seperti produk daging babi, alkohol, peralatan militer, dan lain-lain.

- Investasi tidak dapat dilakukan berdasarkan “gharar”, yang digambarkan sebagai “transaksi yang sangat tidak pasti atau transaksi yang bertentangan dengan gagasan kepastian dan transparansi dalam bisnis”.

“Investasi halal pada dasarnya adalah mengelola uang dan keuangan Anda sesuai dengan keyakinan Anda,” ujar Omar Shaikh, direktur Dewan Keuangan Islam Inggris (UKIFC) kepada Al Jazeera.

“UmatIslam percaya bahwa menghasilkan uang dengan cara yang halal lebih baik daripada menghasilkan uang (walaupun lebih banyak) dengan cara yang merugikan masyarakat dan bertentangan dengan moral agama.”



Umar Munshi, salah satu pendiri dan direktur pelaksana grup keuangan Islam Ethis, mengatakan kepatuhan syariah adalah kuncinya, namun institusi dan investor yang mencari investasi etis perlu melangkah lebih jauh untuk memastikan bisnis benar-benar etis.

“Tindakan suatu bisnis tidak boleh menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat atau lingkungan,” kata Munshi. “Jadi bukan sekadar patuh, tapi menahan diri agar tidak menimbulkan dampak negatif. Berinvestasi di perusahaan tembakau, misalnya, mungkin sesuai syariah, tapi tidak baik bagi masyarakat.”

Bagaimana cara kerja investasi halal?

Salah satu contoh investasi halal adalah pembiayaan bisnis Islam, yang bekerja menggunakan model bagi hasil, asuransi sesuai syariah, dan sukuk, sebuah sertifikat keuangan Islam yang mewakili bagian kepemilikan.

Berbeda dengan obligasi konvensional – suatu bentuk IOU yang dapat dibeli investor untuk menerima pembayaran bunga – investor sukuk menerima sebagian kepemilikan suatu bisnis dan kemudian menerima pembayaran keuntungan, yang dihasilkan seiring berjalannya waktu. Pembayaran ini dilakukan sebagai pengganti bunga untuk memastikan kepatuhan syariah.

“Keuangan Islam sebagai sebuah sektor baru berusia 30 tahun, dengan perkembangan terbesar dalam 15 tahun terakhir,” kata Shaikh dari Dewan Keuangan Islam Inggris (UKIFC) kepada Al Jazeera



“Diperlukan waktu untuk mendidik dan menciptakan kesadaran dan seiring dengan hal ini, semakin banyak bank yang fokus melayani permintaan investasi halal. Hal ini pada gilirannya membantu menciptakan lebih banyak produk, yang kemudian menciptakan lebih banyak permintaan.”
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2500 seconds (0.1#10.140)