Kisah Abdullah Keekeebhai, Kepala Sekolah Islam yang Terkena Tuduhan Palsu Terorisme

Kamis, 04 April 2024 - 11:40 WIB
loading...
A A A
Menurut dokumen polisi yang disampaikan pada sidang TRA Keekeebhai, dua anak yang diwawancarai pada tahun 2017 mengatakan kepada polisi bahwa Haque menunjukkan kepada mereka video kekerasan ISIS. Siswa lain mengatakan Haque telah menunjukkan kepada kelasnya sebuah video non-kekerasan yang berkaitan dengan ISIS.

Menariknya, polisi menyimpulkan bahwa tidak satupun dari mereka memerlukan dukungan Pencegahan.

Sebaliknya, jaksa penuntut terhadap Haque memutuskan untuk mengandalkan persidangannya pada pernyataan saksi dari seorang anak yang mengatakan bahwa ia telah menunjukkan video kekerasan ISIS di kelasnya.

Selama proses persidangan, yang dimulai pada bulan Januari 2018, anak tersebut mengejutkan pihak penuntut dengan menarik pernyataan saksinya dan mengatakan bahwa dia memberikan pernyataan tersebut di bawah tekanan.

Pada akhir Maret 2018, pengadilan memutuskan Haque bersalah atas berbagai pelanggaran terorisme, termasuk tuduhan bahwa ia berusaha merekrut dan meradikalisasi anak-anak di Masjid Ripple Road.



Namun, karena pernyataan siswa tersebut ditarik, kasus khusus yang melibatkan Lentera Pengetahuan tidak dapat dilanjutkan ke putusan.

Diserang oleh pers - dan oleh pejabat

Sekolah tersebut tetap menghadapi sorotan media setelah hukuman Haque.

The Guardian melaporkan bahwa Ofsted “menghadapi pertanyaan tentang bagaimana mereka dapat menilai sekolah Lantern of Knowledge sebagai sekolah yang luar biasa setelah inspeksi diadakan pada saat Haque diduga menyebarkan kebencian kepada anak-anak”.

Beberapa laporan berita menyamakan sekolah tersebut dengan Masjid Ripple Road. The Mirror, misalnya, melaporkan bahwa “Haque memiliki akses terhadap 250 anak ketika bekerja di masjid dan dua sekolah di London timur – 110 di antaranya ia coba radikalkan dan 'bersiap untuk mati syahid'.”

Sebuah artikel di Reuters mengatakan Haque mendidik “110 anak untuk menjadi militan di Lantern of Knowledge, sebuah sekolah Islam swasta kecil, dan di sebuah madrasah yang terhubung dengan Masjid Ripple Road di London timur.”
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9001 seconds (0.1#10.140)