6 Capres Iran, Siapa Paling Kuat? Semua Loyalis Ayatollah Ali Khamenei

Selasa, 11 Juni 2024 - 16:12 WIB
loading...
6 Capres Iran, Siapa Paling Kuat? Semua Loyalis Ayatollah Ali Khamenei
Saeed Jalili, mantan kepala perunding nuklir, adalah salah satu kandidat utama presiden Iran pada pemilu 28 Juni mendatang. Foto: Al Jazeera
A A A
Repubik Islam Iran akan mengadakan pemilihan presiden pada 28 Juni 2024. Pilpres ini dimajukan,yang sedianyatahun 2025, menyusul kematian Presiden Ebrahim Raisi dalam kecelakaan helikopter bulan lalu.

Meskipun kepala utama negara Iran adalah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei yang tidak dipilih, presiden adalah posisi paling berkuasa kedua.

Al Jazeera melansir, enam kandidat telah disetujui untuk mencalonkan diri sebagai presiden, dan mereka semua pada dasarnya mendukung dan setia kepada pemimpin tertinggi dan sistem politik Iran.

Mari kita lihat lebih dekat para kandidat dan apa yang mungkin terjadi selanjutnya di Iran.



Keenam capres itu adalah:

1. Mohammad Bagher Ghalibaf – ketua parlemen, mantan walikota Teheran dan mantan komandan angkatan udara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC)
2. Saeed Jalili – Anggota Dewan Kearifan Kemanfaatan, mantan kepala perunding nuklir
3. Alireza Zakani – walikota Teheran
4. Masoud Pezeshkian – anggota parlemen
5. Mostafa Pourmohammadi – mantan menteri dalam negeri dan kehakiman
6. Amir-Hossein Ghazizadeh Hashemi – kepala Yayasan Urusan Martir dan Veteran Iran

Bagaimana cara mereka dipilih?

Setelah individu menyerahkan surat pencalonannya dalam jangka waktu yang ditentukan oleh petugas pemilu, mereka semua diperiksa oleh Dewan Wali, yang akan mengambil keputusan akhir mengenai siapa yang dapat mencalonkan diri.

Dewan Penjaga adalah sebuah komite yang terdiri dari 12 anggota yang ditunjuk dan mempunyai kekuasaan besar di Iran.



Berapa banyak kandidat yang ditolak?

Tahun ini, seperti pada pemilu sebelumnya, Dewan Wali menolak sebagian besar permohonan – 74 kandidat yang ditolak termasuk beberapa wajah terkenal.

Mungkin yang paling terkenal, khususnya secara internasional, adalah mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad, yang menjabat antara tahun 2005 dan 2013.

Pihak lain yang ditolak termasuk mantan Ketua Parlemen yang moderat Ali Larijani – yang dianggap sebagai salah satu kandidat terdepan – dan mantan Wakil Presiden Eshaq Jahangiri.

Dewan Wali tidak menjelaskan mengapa mereka menolak seorang kandidat di depan umum. Yang diketahui adalah bahwa para anggotanya memutuskan pencalonan mereka atas dasar kesetiaan mereka kepada pemerintah Iran.

Apakah ada favorit untuk memenangkan pemilu?

Ghalibaf dan Jalili menonjol sebagai kandidat terdepan. Keduanya konservatif, meskipun Ghalibaf dipandang lebih moderat, sedangkan Jalili adalah garis keras.

Jalili memenuhi banyak kriteria ketika melihat calon pemenang, setidaknya dalam hal dukungan dari pihak mapan. Dia memiliki hubungan yang kuat dengan Khamenei dan kelompok paramiliter IRGC yang kuat.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)
pixels