Bacaan 2 Ayat Terakhir Surat At Taubah, Lengkap dengan Arti dan Manfaatnya

Selasa, 23 Juli 2024 - 17:28 WIB
loading...
Bacaan 2 Ayat Terakhir...
Dua ayat terakhir Surat At Taubah ini akan selalu dibaca oleh setiap muslim jika mereka mengetahui apa keutamaan dibaliknya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dua ayat terakhir Surat At Taubah ini akan selalu dibaca oleh setiap muslim jika mereka mengetahui apa keutamaan dibaliknya. Surat At Taubah adalah surah ke-9 dalam Al Quran yang punya 129 ayat.

Surah yang termasuk golongan surah-surah Madaniyah ini dinamakan At-Taubah karena memiliki arti pengampunan. Kandungan surah ini lebih menekankan pada upaya bagaimana menata kehidupan umat Islam yang solid agar tidak mudah diganggu oleh pihak-pihak perusak Islam.

Sebab itulah mengapa surah ini tidak diawali dengan lafal basmalah, karena sebagai pernyataan perang terhadap kaum musyrikin .

Bacaan 2 Ayat Terakhir Surat At Taubah

Salah satu keutamaan Surat At Taubah terbesar terletak pada dua ayat terakhirnya, yakni ayat 128 dan 129.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ (128) فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ (129)


Laqad jaaa'akum Rasuulum min anfusikum 'aziizun 'alaihi maa 'anittum hariisun 'alaikum bilmu'miniina ra'uufur rahiim

Fa in tawallaw faqul lhasbiyal laahu laaa ilaaha illaa Huwa 'alaihi tawakkkaltu wa Huwa Rabbul 'Arshil 'Aziim

Artinya: "Sesungguhnya telah datang kepada kalian seorang Rasul dari kaum kalian sendiri, berat terasa olehnya penderitaan kalian, sangat menginginkan (keamanan dan keselamatan) bagi kalian, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan) maka katakanlah 'Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arasy yang agung." (QS At-Taubah ayat 128-129)

Pada ayat 128 menjelaskan tentang kesucian nasab Rasulullah SAW karena berasal dari suku pilihan. Terdapat pula sifat mulia yang diberikan Allah SWT untuk nabi terakhirnya.

Sedangkan ayat 129 menjelaskan tentang perintah untuk Rasulullah SAW untuk senantiasa tawakal kepada Allah.

Manfaat 2 Ayat Terakhir Surat At Taubah

Manfaat dua ayat terakhir Surat At Taubah dijelaskan dalam sebuah riwayat dari Menurut Huriyah Huwaida dalam bukunya yang bertajuk 'Penuntun Mengerjakan Shalat Dhuha' ketika seorang muslim mengamalkan zikir dua ayat terakhir surah At Taubah secara konsisten sebanyak 7 kali selesai salat, maka ia akan dimudahkan rezekinya dan kehidupannya.

Membaca dua ayat terakhir Surat At Taubah juga merupakan zikir pagi dan petang akan menjaga orang yang mengamalkannya dari segala kesusahan dunia maupun akhirat.

Jika menurut Ustaz Ahmad Zacky El-Syafa, mengamalkan dua ayat terakhir pada waktu Maghrib dan Subuh sebanyak 7 kali, maka akan diberkahi umur panjang.

Itulah beberapa manfaat membaca dua ayat terakhir surat At Taubah yang perlu diketahui oleh setiap muslim. Supaya dua ayat ini dapat selalu terselip dalam zikir sesudah salat.

Wallahu A'lam
(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)