Israel Eksploitasi Serangan Dataran Tinggi Golan untuk Motif Politik

Rabu, 31 Juli 2024 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Para jenderal tinggi angkatan darat Israel semakin berselisih dengan Netanyahu mengenai perang di Gaza dan konflik melawan Hizbullah di Lebanon. Pada bulan Juni, juru bicara angkatan darat Israel Daniel Hagari berkata, “Siapa pun yang mengira kita dapat melenyapkan Hamas adalah salah.”

Netanyahu telah lama mengatakan bahwa tujuan Israel di Gaza adalah untuk membasmi kelompok bersenjata tersebut.

Melancarkan perang habis-habisan melawan Hizbullah, kekuatan yang oleh banyak analis dianggap sebagai musuh terberat Israel di kawasan tersebut, adalah tugas yang bahkan lebih berat, kata Mairav Zonszein, analis senior Israel-Palestina untuk International Crisis Group.

“Saya pikir orang Israel secara keseluruhan percaya bahwa pada suatu saat Israel dan Hizbullah akan berperang besar, tetapi pertanyaannya adalah kapan dan bagaimana dan dalam kondisi apa,” katanya.

“[Sebagian besar] orang Israel percaya sekarang bukan saatnya,” tambahnya.

Israel sudah berjuang untuk mengumpulkan cukup banyak tentara untuk melanjutkan perangnya di Gaza. Banyak prajurit cadangan tidak melapor untuk bertugas sementara Israel juga melaporkan kekurangan peralatan dan amunisi militer.

Amerika Serikat juga telah memberi isyarat bahwa mereka tidak ingin melihat konflik yang lebih luas.



Zonszein mengatakan Netanyahu – atau Menteri Pertahanan Yoav Gallant, yang mungkin memiliki pengaruh lebih besar terhadap keputusan untuk berperang – tidak menginginkan perang habis-habisan. Namun, katanya, jika mereka berpikir dapat melakukan serangan besar-besaran di Lebanon tanpa memicu eskalasi yang signifikan, mereka mungkin meremehkan risikonya.

“Semuanya sangat bermasalah, dan hal yang paling bertanggung jawab dan masuk akal adalah mendapatkan gencatan senjata dan kesepakatan penyanderaan di Gaza, yang akan segera meredakan situasi [di perbatasan Israel dengan Lebanon] di utara,” kata Zonszein.

Pilihan Hizbullah

Di sisi lain, Hizbullah kemungkinan akan menahan diri terhadap serangan besar Israel, tetapi akan berusaha membalasnya "secara proporsional," kata Blanford.

Ia mencatat bahwa dari sudut pandang Hizbullah, mereka tidak melakukan kesalahan apa pun yang menyebabkan Israel melakukan eskalasi dan responsnya akan bergantung pada serangan Israel.

Israel, katanya, dapat menargetkan komandan senior Hizbullah atau bahkan menyerang Dahiya, pinggiran kota Beirut dan basis Hizbullah.



"Jika Israel menyerang Dahiya, maka saya tidak akan terkejut jika Hizbullah merespons dengan satu atau dua rudal yang diarahkan ke [kota Israel] Haifa [misalnya]. Namun, responsnya akan proporsional dengan tujuan keseluruhan untuk meredakan situasi," katanya kepada Al Jazeera.

Imad Salamey, seorang ilmuwan politik di Universitas Amerika Lebanon, menambahkan bahwa strategi jangka panjang Hizbullah tetap terkait dengan Gaza dan kelompok itu tidak mungkin menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan Israel hingga penyelesaian dicapai di sana.

Ia yakin Hizbullah mungkin sudah bersiap menghadapi skenario pascakonflik dengan menyetujui untuk mematuhi Resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa 1701, yang disahkan setelah perang Israel-Hizbullah tahun 2006 dan menyerukan zona demiliterisasi antara Garis Biru dan Sungai Litani.

Yang pertama adalah garis demarkasi yang memisahkan Lebanon dari Israel dan Dataran Tinggi Golan, sedangkan yang kedua adalah sungai besar yang mengalir ke selatan menuju perbatasan Lebanon-Israel.

"Baik Hizbullah maupun Israel kemungkinan besar akan mengklaim kemenangan dalam pengaturan apa pun selanjutnya untuk mempertahankan dukungan domestik masing-masing dan mencegah eskalasi lebih lanjut," kata Salamey.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)