Hijrah, Pilar Peradaban Modern (1)

Selasa, 25 Agustus 2020 - 10:40 WIB
loading...
A A A
Jawabannya adalah karena di kota itulah berpusat kehidupan yang berperadaban. Dari hati, pemikiran, hingga karakter (akhlak) dan amal-amal (karya-karya) manusianya menunjukkan peradaban yang tinggi. Maka kota seharusnya menjadi tempat orang-orang yang beradab.

Membangun Masjid
Setiba di Madinah, hal pertama yang Rasulullah SAW lakukan adalah membangun masjid. Bahkan sebelum beliau mendapatkan tempat tinggal permanen untuk dirinya sendiri.

Pembangunan masjid itu sendiri menjadi sebuah simbolisasi penting bahwa peradaban dalam Islam itu tidak akan terlepas dari “rukuk sujudnya” umat ini. Tentu rukuk sujud yang kita maksud adalah ketaatan penuh kepada Allah SWT.

Dengan kata lain, ketaatan umat itu bertujuan untuk terbangunnya peradaban. Sekaligus peradaban itu takkan terlepas dari ketaatan umat.

Pembangunan masjid di awal Rasulullah tiba di Madinah ini menyampaikan pesan tegas bahwa peradaban dalam Islam bukan sekedar gagah-gagahan. Tapi sekaligus tonggak ubudiyah atau pusat pengabdian kepada Sang Pencipta langit dan bumi.

Bahwa di atas semangat ubudiyah itulah akan terbangun peradaban besar dalam kehidupan manusia. Dan ini pula yang menjadi salah satu esensi hijrah itu sendiri. (bersambung)!
(poe)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)