Muhammad Yunus: Bankir Orang Miskin yang Jadi Pemimpin Sementara Bangladesh

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:11 WIB
loading...
Muhammad Yunus: Bankir...
Pemimpin Sementara Bangladesh Muhammad Yunus. Foto: Al Jazeera
A A A
Peraih Nobel asal Bangladesh Muhammad Yunus diminta memimpin pemerintahan sementara Bangladesh setelah krisis politik yang menyebabkan Perdana Menteri Sheikh Hasina meninggalkan negara itu.

Tokoh berusia 84 tahun ini adalah pendukung protes mahasiswa yang menjatuhkan pemerintahan Hasina. Ia salah satu tokoh yang rajin mengkritisi pemerintahan Hasina selama 15 tahun.

Protes dimulai terhadap kuota pekerjaan, yang menyediakan lebih dari setengah jabatan untuk kelompok tertentu termasuk sepertiga untuk keturunan veteran perang tahun 1971. Kuota tersebut dikurangi oleh Mahkamah Agung pada tanggal 21 Juli, tetapi tidak meredakan para pengunjuk rasa.

“Ini adalah negara kita yang indah dengan banyak kemungkinan yang menarik. Kita harus melindungi dan menjadikannya negara yang indah bagi kita dan generasi mendatang,” kata Muhammad Yunus.



Ekonom dan pengusaha tersebut mengambil alih kendali negara itu setelah protes mahasiswa mengakibatkan kerusuhan. Paling tidak 300 orang tewas dan ribuan orang ditangkap.

Kini, Muhammad Yunus dihadapkan pada tantangan besar. Ia harus menegakkan hukum dan ketertiban, memulihkan ekonomi, dan membuka jalan bagi pemilihan umum yang bebas dan adil.

Ahmed Ahsan, mantan ekonom Bank Dunia dan direktur Policy Research Institute di Bangladesh, mengatakan Yunus “adalah orang yang tepat, dipilih oleh para mahasiswa yang mempelopori seluruh gerakan. Ia sangat dihormati baik di negara ini maupun di dunia,” kata Ahsan sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Bankir Orang Miskin

Muhammad Yunus adalah anak ketiga dari 9 bersaudara. Ia lahir pada tahun 1940 di sebuah desa dekat kota pelabuhan selatan Chittagong yang saat itu merupakan wilayah Pakistan Timur .

Lulus dari Universitas Dhaka pada tahun 1961, ia bergabung dengan Universitas Vanderbilt di Amerika Serikat pada tahun 1965 dengan beasiswa Fulbright. Ia meraih gelar doktor di bidang ekonomi pada tahun 1969.

Yunus kemudian menjadi asisten profesor di Universitas Negeri Tennessee Tengah di Murfreesboro, Tennessee di AS.



Selama perang pembebasan tahun 1971 melawan militer Pakistan, Yunus mendukung upaya untuk menciptakan Bangladesh yang merdeka. Ia mendirikan komite warga di kota Nashville AS dan membantu menjalankan Pusat Informasi Bangladesh di Washington, DC. Lembaga inilah yang melobi Kongres AS untuk menghentikan bantuan militer ke Pakistan.

Pada tahun 1972, Yunus kembali ke Bangladesh yang merdeka, dan setelah bekerja sebentar di Komisi Perencanaan negara yang baru, ia bergabung dengan departemen ekonomi Universitas Chittagong.

Pada tahun 1976, ia mengunjungi desa-desa terdekat di Chittagong yang terkena bencana kelaparan beberapa tahun sebelumnya sebagai bagian dari kerja lapangannya di universitas tersebut. Yunus meminjamkan USD27 kepada 42 orang di desa tersebut dan mendapati bahwa masing-masing dari mereka membayar kembali uang tersebut sesuai jadwal.

Ia menemukan bahwa pinjaman kecil atau kredit mikro yang diberikan kepada penduduk desa miskin membuat perbedaan besar. Bank tradisional tidak mau meminjamkan uang kepada mereka, sehingga mereka terpaksa bergantung pada pemberi pinjaman uang yang tidak bermoral yang mengenakan suku bunga selangit.

Inilah awal berdirinya Grameen Bank (bank desa) yang memelopori penyediaan kredit mikro bagi masyarakat miskin agar mereka dapat memulai usaha baru. Yunus dikenal sebagai "bankir bagi masyarakat miskin" karena ia membantu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan melalui Grameen Bank miliknya.



Dianugerahi Hadiah Nobel

Pada tahun 2006, Yunus dan Grameen Bank bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian atas kerja mereka untuk "menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah".

Pada saat itu, bank tersebut telah meminjamkan lebih dari USD7 miliar kepada lebih dari tujuh juta peminjam, 97 persen di antaranya adalah perempuan, dengan tingkat pembayaran kembali hampir 100 persen.

"Saya melihat orang miskin keluar dari kemiskinan setiap hari... kita dapat melihat bahwa kita dapat menciptakan dunia yang bebas kemiskinan... di mana satu-satunya tempat kita akan melihat kemiskinan adalah di museum, museum kemiskinan," kata Yunus saat itu.

Yunus kini dihadapkan pada kerasnya politik yang melampaui teori.

Tugas langsungnya adalah memulihkan stabilitas setelah lima minggu protes yang mematikan. Akan tetapi masalah yang lebih besar adalah krisis ekonomi yang telah menyebabkan melonjaknya harga pangan dan sektor pekerjaan swasta yang stagnan.

"Pemerintah baru perlu menstabilkan ekonomi dan menahan inflasi … serta menstabilkan nilai tukar," kata Ahsan dari Policy Research Institute kepada Al Jazeera.

Jon Danilowicz, mantan diplomat AS yang menghabiskan delapan tahun bekerja di Bangladesh, yakin bahwa pengangkatan Yunus adalah pilihan yang tepat karena profil internasionalnya akan membantu negara Asia Selatan berpenduduk 170 juta jiwa itu.



Sasaran Hasina

Yunus menjadi sasaran kemarahan Hasina setelah ia melontarkan gagasan untuk mendirikan partai politik pada tahun 2007.

Ide awal Yunus untuk mendirikan partai muncul di tengah kegagalan dua partai utama – Liga Awami pimpinan Hasina dan Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) yang beroposisi – dalam mengatasi korupsi yang merajalela dan meningkatnya ketimpangan pendapatan.

Pada tahun 2011, Hasina, yang menganggap ekonom yang disegani saat itu berusia 71 tahun sebagai ancaman politik, mencopot Yunus dari jabatannya sebagai direktur pelaksana Grameen Bank, dengan menyebutnya sebagai "penghisap darah" kaum miskin.

Pemerintahnya kemudian meluncurkan penyelidikan keuangan terhadap bisnis nirlaba yang dijalankan Yunus. Tahun lalu, ia dihukum karena melanggar undang-undang ketenagakerjaan, dan ia telah menjadi subjek kasus korupsi yang sedang berlangsung yang dianggap banyak orang sebagai penipuan.



Protes terbaru, yang dimulai terhadap kuota pekerjaan pemerintah tetapi berubah menjadi gerakan rakyat yang jauh lebih besar, merupakan tanda bahwa kaum muda negara itu, yang mencakup sepertiga dari populasi, mencari bentuk politik baru dengan demokrasi dan akuntabilitas yang lebih besar.

Yunus "telah mengalami penganiayaan terus-menerus oleh rezim sebelumnya dan dia dapat memilih untuk meninggalkan negara itu tetapi dia tidak pernah mempertimbangkan kemungkinan itu", kata Ahsan.

"Dia bersedia untuk mendukung lembaganya sendiri dan negaranya, jadi jelas dia seorang patriot."
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)