Media India Sebarkan Hoaks: Muslim Serang Umat Hindu di Bangladesh

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 14:22 WIB
loading...
Media India Sebarkan...
Kendaraan yang dibakar oleh pengunjuk rasa di 4 Agustus 2024, sehari sebelum Hasina mengundurkan diri. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera
A A A
Beberapa jam setelah Sheikh Hasina dilengserkan dari kekuasaannya sebagai Perdana Menteri Bangladesh, lewat demo mahasiswa, sejumlah media India melaporkan bahwa anggota minoritas Hindu di Bangladesh menjadi sasaran pasukan Islamis.

Al Jazeera melaporkan artikel dan video yang berisi konten menyesatkan muncul di berbagai media dan platform media sosial India.

Sebuah video di saluran YouTube milik The Times Group, Mirror Now, menyiarkan rekaman kekerasan dan serangan pembakaran terhadap empat rumah. Video itu diberi judul "Serangan terhadap Umat Hindu di Bangladesh? Pembunuhan Massal, Pembunuhan oleh Massa".

Judul video tersebut jelas menyesatkan karena tidak ada pembunuhan massal yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Laporan lokal mengatakan salah satu rumah tersebut milik ikon kebebasan Bangladesh, Sheikh Mujibur Rahman. Dua lagi sebagai milik muslim.

Video tersebut juga membuat klaim yang tidak berdasar, seperti "24 orang dibakar hidup-hidup oleh massa" dan "Kelompok minoritas menjadi pusat serangan".



Al Jazeera telah memverifikasi secara independen bahwa hanya 2 umat Hindu yang terbunuh sejak Hasina digulingkan pada hari Senin: 1 orang polisi dan seorang lagi aktivis dari partai Liga Awami milik Hasina.

Umat Hindu merupakan sekitar 8 persen dari 170 juta penduduk Bangladesh dan secara tradisional telah menjadi pendukung kuat Liga Awami, yang secara umum dipandang sekuler dibandingkan dengan koalisi oposisi, yang mencakup partai Islamis.

Banyak laporan berita tentang serangan terhadap umat Hindu yang mengandung klaim-klaim yang tidak masuk akal seperti "lebih dari satu crore [10 juta] pengungsi kemungkinan akan segera memasuki Benggala Barat", yang dimuat dalam laporan Times of India yang mengutip Suvendu Adhikari, seorang pemimpin senior Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi.

Kantor berita ANI, yang terlihat dekat dengan pemerintahan Modi, mengutip seorang pemimpin mahasiswa di India yang mengatakan bahwa pemberontakan massal itu "diatur oleh musuh-musuh Bangladesh".

Artikel Times of India yang lebih aneh lagi menyatakan bahwa Jamaat-e-Islami, partai Islam terbesar di Bangladesh, “menjatuhkan pemerintahan Sheikh Hasina di Bangladesh”.

Analis politik Zahed Ur Rahman mengatakan media India telah melaporkan melalui lensa "Islamofobia".



"Gerakan mahasiswa yang mengobarkan pemberontakan massal yang melibatkan orang-orang dari semua lapisan masyarakat secara bulat dipahami sebagai gerakan populer di Bangladesh. Namun, media India entah bagaimana telah menafsirkan seluruh skenario melalui mata Islamofobia mereka," katanya kepada Al Jazeera.

ISI dan Klaim Agama

Ketika Hasina meninggalkan negara itu pada hari Senin, artikel berita di media India menuduh bahwa protes Bangladesh dipengaruhi oleh Inter-Services Intelligence (ISI), badan mata-mata Pakistan, karena berusaha mengubah Bangladesh menjadi negara Islam dengan dukungan partai politik seperti Partai Nasionalis Bangladesh (BNP) dan mantan sekutu politiknya Jamaat-e-Islami.

Beberapa media bahkan mendesak pemerintah India untuk bersiap menghadapi potensi krisis pengungsi, dengan berspekulasi bahwa umat Hindu akan diusir dari Bangladesh.

Spekulasi yang menunjukkan adanya hubungan ISI dan Tiongkok dengan gerakan rakyat Bangladesh menjadi benang merah dalam unggahan media sosial oleh beberapa komentator dan media.

Editor urusan diplomatik The Economic Times, Dipanjan R Chaudhury, memposting di X: “Jamaat-e-Islami dalam politik Bangladesh tidak menjadi pertanda baik bagi India. Rekam jejak Jamaat dalam mempromosikan teror lintas batas … adalah bagian dari sejarah terkini.”

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)