alexametrics

Keistimewaan Puasa 'Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu

loading...
Keistimewaan Puasa Asyura Gugurkan Dosa 1 Tahun Lalu
Ilustrasi bulan Muharram. Foto/Ist
Muharram adalah bulan haram yang diberkahi Allah SWT terutama pada 10 hari pertama. Hari ini bertepatan hari ke-9 Muharram atau disebut tasu'a. Besok Selasa (10/10/2019) atau nanti malam (menurut kalender Hijriyah), kita memasuki hari ke-10 Muharram atau dikenal dengan sebutan 'Asyura.

Hari 'Asyura merupakan hari istimewa karena Rasulullah SAW juga memuliakannya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa pada hari tersebut.

Keistimewaan puasa 'Asyura ini sebagaimana sabda Beliau SAW: "Dan puasa di hari 'Asyura saya berharap kepada Allah agar dapat menghapuskan (dosa) setahun yang lalu." (HR Muslim)



Nabi juga berpesan dengan hadits yang diriwayatkan Ibnu 'Abbas: "Berpuasalah kalian pada hari 'Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi. Berpuasalah sebelumnya (tasu'a) atau berpuasalah setelahnya satu hari." (HR Ahmad, HR Al-Baihaqi)

Adapun fadhillah melaksanakan puasa 'Asyura adalah menggugurkan dosa selama setahun lalu. "Dari Abu Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah ditanya tentang puasa hari 'Asyura, maka beliau bersabda: "Puasa 'Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa kecil setahun yang lalu". (HR Muslim)

Mengenai puasa Tasu'a (9 Muharram) dilakukan sehari sebelum puasa 'Asyura untuk menyelisihi kaum Yahudi sebagaimana dianjurkan oleh Nabi. Dari Ibnu Abbas RA dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila (usia)-ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada hari kesembilan". (HR Muslim)

Berikut Niat Puasa 'Asyura (10 Muharram)
Nawaitu Shauma Ghadin 'an Ada'i Sunnatil 'Asyura Lillahi Ta'ala.
Artinya: Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT
(rhs)
cover top ayah
قُلۡ يٰعِبَادِىَ الَّذِيۡنَ اَسۡرَفُوۡا عَلٰٓى اَنۡفُسِهِمۡ لَا تَقۡنَطُوۡا مِنۡ رَّحۡمَةِ اللّٰهِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ يَغۡفِرُ الذُّنُوۡبَ جَمِيۡعًا‌ ؕ اِنَّهٗ هُوَ الۡغَفُوۡرُ الرَّحِيۡمُ
Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Az-Zumar:53)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak