Inilah 5 Doa Setelah Salat Dhuha yang Dapat Dibaca, Lengkap dengan Arab, Lain dan Artinya

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 14:57 WIB
loading...
Inilah 5 Doa Setelah...
Doa setelah salat dhuha yang dapat dibaca oleh setiap muslim sebenarnya hanya ada satu yang dianjurkan, sedangkan doa lainnya adalah bentuk permohonan kepada Allah SWT terkait yang diinginkannya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa setelah salat Dhuha yang dapat dibaca oleh setiap muslim sebenarnya hanya ada satu yang dianjurkan, sedangkan doa lainnya adalah bentuk permohonan seorang hamba kepada Allah SWT terkait apa yang sedang diinginkannya.

Salat Dhuha menjadi salah satu salat sunnah yang memiliki banyak keutamaan bagi setiap muslim, salah satunya adalah dapat mencukupi kebutuhan hidup tanpa merasa kekurangan.

Sehingga setiap muslim dianjurkan untuk menunaikan salat yang minimal dilakukan sebanyak dua rakaat ini setelah matahari terbit dan sebelum siang. Setelah salat ini, nanti ada beberapa doa yang perlu dibaca, baik untuk memudahkan rezeki atau meminta berbagai hal.

5 Doa Setelah Salat Dhuha

1. Doa Setelah Salat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ. بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal ‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya : "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila susah didapat maka mudahkanlah, apabila haram maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah. Ya Allah dengan hak dhuha-Mu, keindahan-Mu, kekuatan-Mu, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh."

2. Doa Menghadapi Masalah

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ


Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da iz hadaitana wa hablana min ladunka rahmah innaka antal wahhab.

Artinya : "Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)."

3. Doa Disembuhkan dari Penyakit

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا


Allāhumma rabbana nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya : "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit (ini). Berikanlah (aku) kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit(ku) kecuali Engkau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri."

4. Doa Mendapat Rezeki Halal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِي رِزْقًا حَلَالاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلَا مَشَقَّةٍ وَلَأَضَيْرٍ وَلَا نَصَبِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi'an thoyyiban min ghoiri ta'abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin wa laa nashobin innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya : "Ya Allah, aku minta pada Engkau rezeki yang halal, luas, baik, tanpa kerepotan, kemelaratan, dan tanpa keberatan. Sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu."

5. Doa Rezeki Tak Terputus

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي رَزَقَنِي هَذَا مِنْ خَيْرٍ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ، اللَّهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ


Alhamdu lillaahil ladzii rozaqonii haadzaa min ghoiri haulin minnii wa laa quwwatin. Alloohumma baarik fiihi.

Artinya : "Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah, semoga Engkau berkahi rezekiku."

Itulah beberapa doa setelah salat dhuha yang dapat dibaca. Meski ada beberapa doa, doa yang utama dan dianjurkan untuk dibaca setelah salat sunnah ini adalah doa yang pertama.

(wid)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1839 seconds (0.1#10.140)