alexametrics

Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya

loading...
Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya
Beginilah suasana pertemuan Kiyai kharismatik Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan Habib Quraisy Baharun di Ponpes Assidqu, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, kemarin. Foto/Istimewa
Keindahan adab dan sifat berkasih sayang yang ditunjukkan dua dai kondang ini patut untuk diteladani. Seperti layaknya ulama terdahulu saling mengunjungi demi mempererat ukhuwah dan menghidupkan sunnah Nabi SAW.

Inilah pesan indah yang bisa kita petik dari pertemuan Kiyai kharismatik Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) dengan Habib Quraisy Baharun. Di tengah kesibukan berdakwah dan mengurus pondok pesantrennya, keduanya masih sempat meluangkan waktu untuk bertemu.
Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya

"Terima kasih wa jazakumullah khayran katsira KH Abdullah Gymnastiar atas kunjungan dan silaturrahimnya hari ini. Semoga membawa berkah," demikian kata Habib Quraisy Baharun (Pimpinan Ponpes As-Shidqu Kuningan) menyambut kedatangan Aa Gym di Ponpes Assidqu, Desa Sampora Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan Jawa Barat, kemarin.

Habib Quraisy Baharun dalam postingannya di sosial media menyampaikan pesan indah usai pertemuannya dengan kiyai pendiri Ponpes Darut Tauhid Bandung itu. Ketika bertemu, keduanya terlihat akrab. Aa Gym yang mengenakan imamah dan baju koko bermotif batik saling berpelukan dengan Habib Quraisy yang memakai jubah putih.
Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya

Pesan Habib Quraisy Baharun
Hari ini kita belajar tentang ikhlas. Cobalah direnungkan wahai saudaraku, betapa banyak yang belajar Islam, namun hasilnya kosong blong. Karena semuanya tidak didasari ikhlas. Padahal ikhlas dalam belajar harus memenuhi empat hal:
1. Belajarnya untuk menghilangkan kebodohan pada diri sendiri.
2. Belajarnya untuk menghilangkan kebodohan pada orang lain.
3. Belajarnya untuk menghidupkan dan menjaga ilmu.
4. Belajarnya untuk mengamalkan ilmu.
Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya

Demikian keterangan yang sering kami dapatkan dari guru kami. Bagaimana dikatakan ikhlas, jika sebagian orang hanya sibuk belajar Islam untuk saling berbantah-bantahan atau ingin menjatuhkan lainnya.



Belajar seperti ini bukanlah maksud dari belajar yang ikhlas. Belajar yang ikhlas tentu saja akan berbuah nasehat yang ikhlas. Nasihat yang ikhlas adalah menginginkan orang lain jadi baik.

Ulama saleh mengatakan, "Segala sesuatu yang tidak didasari ikhlas karena Allah, pasti tidak bermanfaat dan tidak akan kekal." Para ulama juga memiliki istilah lain, "Segala sesuatu yang didasari ikhlas karena Allah, pasti akan langgeng."
Ketika Aa Gym Bertemu Habib Quraisy Baharun, Ini Pesannya

Para ulama menyebutkan, Imam Ibnu Abi Dzi'bi yang semasa dan senegeri dengan Imam Malik pernah menulis kitab yang lebih besar dari kitab Muwatho'. Karena demikian, Imam Malik pernah ditanya, 'Apa faedahnya engkau menulis kitab yang sama seperti itu?' Jawaban Imam Malik, "Sesuatu yang ikhlas karena Allah, pasti akan lebih langgeng."

"Mari kita belajar dalam segala hal dan ambil pelajaran hikmah dari ulama dan orang-orang yang ikhlas, insya Allah hidup jadi berkah," demikian pesan Habib Quraisy Baharun yang juga murid ulama besar Yaman Habib Umar bin Hafidz itu.
(rhs)
cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah sama, mereka menyuruh berbuat mungkar dan mencegah perbuatan yang makruf dan mereka juga kikir. Mereka telah melupakan Allah, maka Allah melupakan mereka.  Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak