alexametrics

Efek Bersyukur dan Ucapan 'Hamdalah' Bagi Kesehatan

loading...
Efek Bersyukur dan Ucapan Hamdalah Bagi Kesehatan
Dokter (dr) Zaidul Akbar, inspirator pengobatan sehat ala Rasulullah. Foto/Istimewa
Jika ingin menghitung nikmat dan karunia Allah, niscaya tak seorang pun sanggup menuliskannya meski lautan menjadi tinta. Sebut saja nikmat bernafas yang apabila dihargai, tidak ada seorang pun yang mampu membayarnya.

Belum lagi nikmat sehat dan kesenangan lainnya. Hanya saja, manusia banyak lupa dan lalai untuk bersyukur kepada pencipta-Nya. Alqur'an juga menyatakan bahwa hanya sedikit di antara manusia yang bersyukur.

Dokter (dr) Zaidul Akbar, inspirator pengobatan sehat ala Rasulullah mengatakan, ucapan syukur dapat memberikan kedamaian dan kesehatan bagi tubuh. Kata Dokter Zaidul dalam akun IG @zaidulakbar, Islam telah memberi solusi yang sangat mudah untuk mendeklarasikan rasa syukur yaitu dengan kata الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين (alhamdulillahi robbil 'alamin).



"Mengapa? Karena ada begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita saat ini yang kalau mau disebutin satu persatu, maka niscaya tidak akan sempat lagi kita memikirkan atau mengeluh," kata ustaz yang juga penulis buku 'Jurus Sehat Rasulullah' (JSR) ini.

Apabila kita membuat dua daftar doa, pertama doa yang belum dikabulkan dengan doa yang sudah dikabulkan, maka akan ketemu lebih banyak yang sudah Allah kabulkan.

Dan rasa syukur yang benar pasti akan memberikan kedamaian dan ketenangan dan kebahagiaan kepada yang benar-benar mengucapkannya dengan tulus.

"Jantung, mata, paru, darah, hidung, mulut, kaki, saraf, otak, dan sistem organ lainnya saat ini bekerja sendiri tanpa kita perintahkan," terangnya.

Belum lagi, elektron-elektron dalam badan kita semuanya berputar dengan sangat tertib tanpa juga kita perintahkan. "So, الْحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْعَالَمِين aja," ajaknya.

Begitulah manfaat bersyukur dan dahsyatnya ucapan 'hamdalah' bagi kesehatan seseorang. Semoga kita bisa memperbanyak syukur atas besarnya karunia dan nikmat yang diberikan Allah Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman dalam Alqur'an:
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS Ibrahim:7)
(rhs)
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ثُمَّ لِتَكُوۡنُوۡا شُيُوۡخًا ؕ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى مِنۡ قَبۡلُ وَلِتَبۡلُغُوۡۤا اَجَلًا مُّسَمًّى وَّلَعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُوۡنَ
Dialah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, kemudian kamu dilahirkan sebagai seorang anak, kemudian dibiarkan kamu sampai dewasa, lalu menjadi tua. Tetapi di antara kamu ada yang dimatikan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) agar kamu sampai kepada kurun waktu yang ditentukan, agar kamu mengerti.

(QS. Ghafir:67)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak