Syahidnya Yahya Sinwar: Mengenang As-Samah yang Gugur dalam Pertempuran Toulouse

Senin, 21 Oktober 2024 - 18:00 WIB
loading...
A A A


Kemudian dia menuju Toulouse, basis Aquitaine. Pada tanggal 9 Dzulhijjah 102 H, As-Samah menghadapi pasukan yang dipimpin oleh Odo dari Aquitaine dalam pertempuran besar yang jumlah pasukannya kalah jumlah dari pasukan As-Samah. Di sinilah pasukan Islam dikalahkan dan As-Samah syahid.

Begitu mengetahui panglimanya gugur, seorang orientalis Prancis Rhino, menggambarkan pasukan Islam menjadi goncang. Jatuhlah mental juang mereka, lalu barisan pun mulai kocar-kacir. Mereka bergerak mundur dan hampir dapat dipastikan bahwa pasukan Eropa berhasil menghancurkan mereka kalau saja pada saat yang kritis itu tidak tampil sosok yang cerdas dan tangguh yang selama ini telah disegani Eropa, yaitu Abdurrahman al-Ghafiqi.

Di bawah komando panglima baru ini, pasukan Islam bergerak mundur tanpa mengalami banyak kerugian. Mereka bergerak ke Spanyol dengan tekad kelak akan menebus kekalahannya.

Selanjutnya, rakyat Al-Andalus memilih Abdurrahman Al-Ghafiqi sebagai gubernur untuk menangani urusan mereka dalam kapasitas tidak resmi hingga Anbasah bin Suhaim al-Kalbi datang sebagai gubernur baru. (*)

(mhy)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)