Jadwal Puasa Sunnah Bulan September 2020 dan Lafaz Niatnya

loading...
Jadwal Puasa Sunnah Bulan September 2020 dan Lafaz Niatnya
Sebagian dari bulan ini (1-17 September 2020) merupakan hari-hari terbaik menghidupkan puasa sunnah. Foto/dok al-habib.info
Bulan September 2020 bertepatan dengan bulan Muharram dan Shafar 1442 Hijriyah. Sebagian dari bulan ini (1-17 September) merupakan hari-hari terbaik menunaikan puasa . Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Al-Muharram. Dan sebaik-baik salat setelah salat Fardhu, adalah salat malam." (HR. Muslim)

(Baca Juga: 2.775 Kasus Baru, Total 177.571 Orang Positif Covid-19 )

Selain puasa sunnah Muharram , umat Islam juga dianjurkan menghidupkan puasa sunnah Senin dan Kamis. Rasulullah SAW bersabda: "Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim). (Baca Juga: Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Lafaz Niatnya )

Hadis lain, Nabi SAW bersabda: "Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa ." (HR. at-Tirmidzi).



Allah Ta'ala secara khusus berfirman dalam sebuah hadis Qudsi:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ لَهُ إِلَّا الصِّيَامَ، فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ

"Seluruh amalan anak Adam untuk mereka sendiri, kecuali puasa . Sungguh, ibadah puasa itu untuk-Ku. Akulah yang langsung akan memberikan imbalannya. Puasa adalah perisai." (Shahih Al-Bukhari)

Kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Surga memiliki delapan pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa ." (HR. Al-Bukhari). (Baca Juga: Lafaz Niat Puasa Sunnah Kamis dan Keutamaannya )

Jadwal Puasa Sunnah September 2020:
halaman ke-1
cover top ayah
اَحَسِبَ النَّاسُ اَنۡ يُّتۡرَكُوۡۤا اَنۡ يَّقُوۡلُوۡۤا اٰمَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَـنُوۡنَ
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji?

(QS. Al-'Ankabut:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video