alexametrics

Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia

loading...
Tebarkan Salam Niscaya Kalian Akan Selamat dan Bahagia
Rasulullah SAW pernah bertemu dengan anak-anak kecil lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka. Foto Ilustrasi/dok senyumislam.com
Salam berasal dari kata Salima Yaslamu-Salamatan yang berarti selamat dan bahagia. Dalam kaidah syariat, salam sering diucapkan dengan kalimat 'Assalamu'alaikum' (السلام عليكم) yang artinya semoga keselamatan tercurah padamu. Redaksi lengkapnya yaitu "Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh".

Dari kata Salima muncul kata Aslama yang bermakna menyelamatkan, mendamaikan. Dari kata Aslama inilah muncul nama Islam sebagai agama yang diridhai Allah Ta'ala. Salam menjadi tujuan utama Islam yang berarti selamatnya seorang muslim di dunia dan akhirat.

Allah Ta'ala berfirman: "Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: Salaamun 'alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS Al-An'am: 54)



Betapa mulianya orang yang mengucap salam. Selain telah mendoakan keselamatan untuk orang lain, dia juga telah berzikir menyebut salah satu asma Allah. Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu (RA), Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

"Kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan tidak akan sempurna iman kalian hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan kalian pada sesuatu yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim)

Dalam hadis lain, Nabi SAW bersabda: "Sebarkanlah salam, niscaya kalian akan selamat." (HR. Ahmad)

Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bertemu dengan anak-anak kecil lalu beliau mengucapkan salam kepada mereka.

Manfaat Mengucapkan Salam:
1. Mendapat keutamaan berzikir karena menyebut nama Allah.
2. Terjalinnya persaudaraan dan kasih sayang antarsesama muslim.
3. Mendapat doa keselamatan dari orang lain.
4. Menghapus penyakit hati seperti iri, hasad, dengki, sombong, keras hati.
5. Mendapat pahala dakwah menebarkan salam.
6. Dilingkupi rahmat dan keberkahan dari Allah Ta'ala.
7. Mencairkan suasana dan mempererat silaturrahim.(Baca Juga: Sejarah Ucapan Salam Assalamu'alaikum dan Keutamaannya)
(rhs)
cover top ayah
اِعۡلَمُوۡۤا اَنَّمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَا لَعِبٌ وَّلَهۡوٌ وَّزِيۡنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيۡنَكُمۡ وَتَكَاثُرٌ فِى الۡاَمۡوَالِ وَالۡاَوۡلَادِ‌ؕ كَمَثَلِ غَيۡثٍ اَعۡجَبَ الۡكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيۡجُ فَتَرٰٮهُ مُصۡفَرًّا ثُمَّ يَكُوۡنُ حُطٰمًا‌ؕ وَفِى الۡاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيۡدٌ ۙ وَّمَغۡفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضۡوَانٌ‌ؕ وَمَا الۡحَيٰوةُ الدُّنۡيَاۤ اِلَّا مَتَاعُ الۡغُرُوۡرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid:20)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak