Jika Allah Mencintai Hamba-Nya, Jibril Pun Diseru untuk Mencintainya

loading...
Jika Allah Mencintai Hamba-Nya, Jibril Pun Diseru untuk Mencintainya
Cinta yang hakiki dan paling mulia adalah mencintai dan dicintai oleh Yang Maha Memberikan Cinta, yaitu Allah Taala. Foto Ilustrasi/Ist
Siapa yang tak ingin mendapatkan cintanya Allah Ta'ala? Kenikmatan apapun di dunia ini tidak ada yang dapat menyamai nikmatnya ketika kita dicintai Allah 'Azza wa Jalla. Betapa beruntungnya mereka yang terpilih sebagai hamba yang dicintai-Nya.

(Baca Juga: Bogor, Depok, dan Bekasi Masuk Zona Merah COVID-19 )

Dalam satu hadis, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى إِذَا أَحَبَّ عَبْدًا نَادَى جِبْرِيلَ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّ فُلَانًا فَأَحِبَّهُ فَيُحِبُّهُ جِبْرِيلُ ثُمَّ يُنَادِي جِبْرِيلُ فِي السَّمَاءِ إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَبَّ فُلَانًا فَأَحِبُّوهُ فَيُحِبُّهُ أَهْلُ السَّمَاءِ وَيُوضَعُ لَهُ الْقَبُولُ فِي أَهْلِ الْأَرْضِ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah ra berkata, "Bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah Ta'ala jika mencintai seseorang, maka Allah akan memanggil Jibril , '(wahai Jibril) Sesungguhnya Allah mencintai fulan maka cintailah dia, sehingga Jibril pun mencintainya. Kemudian Jibril memanggil seluruh penghuni langit seraya berseru, 'Sesungguhnya Allah mencintai si fulan maka cintailah dia, maka penghuni langit pun mencintainya, sehingga orang tersebut diterima oleh penduduk bumi." (HR. Al-Bukhari). (Baca Juga: 3 Hal yang Disukai Allah dan 3 Perkara yang Dibenci-Nya )

Ustaz Rikza Maulan , Dai yang juga Dewan Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat menjelaskan hikmah hadis di atas. Kata Ustaz Rikza , cinta adalah fitrah dan anugerah Allah kepada setiap manusia. Maka setiap orang membutuhkan cinta dan saling mencintai. Adapun cinta yang hakiki dan paling mulia adalah mencintai dan dicintai oleh Yang Maha Memberikan Cinta, yaitu Allah Ta'ala.

Bahwa orang yang dicintai Allah adalah orang yang paling berbahagia, karena ia akan dimuliakan Allah. Allah akan memberitahukan cinta-Nya pada hamba tersebut kepada Malaikat Jibril . Bahkan Allah memanggil khusus Malaikat Jibril , dan memberitahukan kepada Malaikat Jibril , bahwa Allah mencintainya. Lalu Allah memerintahkan Malaikat Jibril untuk juga mencintai hamba-Nya tersebut, maka Malaikat Jibril pun mencintainya, sebagaimana Allah juga mencintainya. (Baca Juga: Ridha Dengan Bala untuk Meraih Cinta Allah Ta'ala )

"Tidak terhenti sampai di situ saja kemuliaan yang akan diterimanya, Malaikat Jibril pun berseru kepada seluruh penduduk langit bahwa Allah mencintainya, maka cintailah hamba tersebut sebagaimana Allah mencintainya. Sehingga ia pun mendapatkan sepenuh cinta dari seluruh penghuni langit, dan akhirnya juga ia dicintai dan diterima oleh seluruh penduduk bumi," jelas Ustaz Rikza.

Ada yang bertanya, bagaimana cara agar dicintai Allah ? Rasulullah SAW bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (( أحب عباد الله إلى الله أحسنهم خلقًا ))
halaman ke-1
cover top ayah
وَاِذَا مَسَّ الۡاِنۡسَانَ الضُّرُّ دَعَانَا لِجَنۡۢبِهٖۤ اَوۡ قَاعِدًا اَوۡ قَآٮِٕمًا ۚ فَلَمَّا كَشَفۡنَا عَنۡهُ ضُرَّهٗ مَرَّ كَاَنۡ لَّمۡ يَدۡعُنَاۤ اِلٰى ضُرٍّ مَّسَّهٗ‌ؕ كَذٰلِكَ زُيِّنَ لِلۡمُسۡرِفِيۡنَ مَا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ
Apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu darinya, dia kembali ke jalan yang sesat, seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk menghilangkan bahaya yang telah menimpanya. Begitulah, orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang mereka kerjakan.

(QS. Yunus:12)
cover bottom ayah
preload video