Yuk, Ungkapkan Rasa Syukur dengan Tiga Cara ini

Senin, 14 September 2020 - 06:10 WIB
loading...
A A A
3. Bersyukur dengan anggota badan

Bersyukur dengan anggota badan artinya kita selalu menggerakkan anggota badan kita untuk bersyukur pada AllahTa'ala atas semua karuniaNya. Memberi sedekah, beribadah wajib, berpuasa, dan mengikuti semua perintahNya adalah bentuk syukur kita pada Allah Ta'ala.

(Baca juga : PSBB DKI Mulai Hari Ini, Bank Indonesia Tetap Beroperasi )

Bersyukur dengan anggota badan juga adalah syukur yang paling penting. Ia dilakukan dengan cara menggunakan semua nikmat tersebut dalam rangka membantu kita di dalam menaati Allah. Kita pakai semua nikmat itu di jalan yang diridhai oleh pemiliknya. Bukan justru sebaliknya. Kita malah menggunakan nikmat-nikmat itu untuk menentang Allah dengan bermaksiat. Dengan demikian kita termasuk orang-orang yang kufur terhadap nikmat Allah, wal’iyaadzu billah.

Oleh karena itu, hendaknya setiap muslim harus bersyukur kepada-Nya. Hendaknya kaum muslim senantiasa ingat dan jangan lupa. Hendaknya selalu taat dan jangan bermaksiat kepada-Nya.Bersyukur harus dilakukan dengan hati, lisan, dan amal perbuatan.

(Baca juga : Epidemiolog: Idealnya Kapasitas Kendaraan Umum Hanya 25% saat PSBB )

Jika kita bersyukur dengan nikmat-nikmat itu, Allah menjanjikan kepada kita tambahan nikmat. Akan tetapi jika kita tidak bersyukur, alis kufur nikmat, maka Allah mengancam kita dengan siksa-Nya yang sangat pedih. Bahkan, senantiasa berterima kasih kepada orang lain dan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang menjadi perantara sampainya nikmat Allah kepada kita.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)