Bila Hijrah Terhalang Masa Lalu, Apa yang Harus Dilakukan?

loading...
Bila Hijrah Terhalang Masa Lalu, Apa yang Harus Dilakukan?
Agar masa lalu tidak menjadi penghalang untuk berhijrah, maka persiapkan hati dengan banyak memohon kepada Allah agar Allah memberi kepada anda kekuatan untuk bisa kembali ke jalan yang Allah ridhai. Foto ilustrasi/ist
Setiap orang sudah pasti memiliki masa lalu. Entah masa lalu yang baik atau sebaliknya. Dan ketika memutuskan untuk berubah, terkadang masa lalu selalu membayang-bayangi serta menjadi penghambat. Tak terkecuali, ketika kita hendak berhijrah.

Keadaan seperti ini merupakan salah satu ujian dalam hijrah, karena sesungguhnya kita tidak akan pernah terlepas dari masa lalu. Hanya di saat kita sudah berkeinginan untuk hijrah maka segala hal yang bisa menjadikan kita mundur kembali ke belakang itu harus segera kita jauhi.

Hakikat hijrah untuk kita saat ini adalah meninggalkan apa yang dibenci oleh Allah menuju kepada hal yang dicintai oleh Allah. Sehingga ketika kita menyadari bahwa masa lalu kita membawa kita jauh dari ridho Allah, lalu kita ingin membuat perubahan karena keinginan kita untuk bisa kembali kepada Allah maka tentu ada banyak hal yang harus kita persiapkan.

(Baca juga :Ummu Al-Hasan : Potret Pentingnya Perempuan Mencari Ilmu)



Apa saja persiapannya? Berikut ulasan ustadzah Ummi Fairuz Ar-Rahbini, istri Buya Yahya dari Pondok Pesantren Al-Bahjah Cirebon:

Agar masa lalu tidak menjadi penghalang untuk berhijrah, maka persiapkan hati dengan banyak memohon kepada Allah agar Allah memberi kepada kita kekuatan untuk bisa kembali ke jalan yang Allah ridhai.

Kita harus siap untuk kehilangan, mungkin kita akan kehilangan sahabat atau perkumpulan-perkumpulan yang dulu selalu menemani kita dalam kemaksiatan dan hal tersebut tentu tidak mudah bagi kita dan mereka pun tidak akan mudah melepaskannya.



(Baca juga :Bagi Muslimah, Amalan Ini Ganjarannya Langsung Surga)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah:284)
cover bottom ayah
preload video