Bagi Muslimah, Amalan Ini Ganjarannya Langsung Surga

Sabtu, 19 September 2020 - 09:18 WIB
loading...
Bagi Muslimah, Amalan Ini Ganjarannya Langsung Surga
ADa beberapa amalan bagi kaum perempuan yang ganjarannya adalah surga, seperti tertulis juga dalam Al Qur’an dan beberapa hadis Nabi SAW. Foto ilustrasi/ist
A A A
Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan empat perempuan mulia sebagai penghuni surga yakni Maryam bintu Imran (Ibunda Nabi Isa alaihissalam), Fatimah bintu Rasulillah SAW, Khadijah bintu Khuwailid, dan Asiyah (istri Fir'aun dan ibu angkat Nabi Musa alaihissalam).

Keempat perempuan mulia ini, merupakan sosok perempuan yang karena amalan dan perbuatannya sangat mulia, sehingga surga pun merindukan sebagai penghuninya. Lantas bagaimana dengan kita? Mungkinkah surga juga bisa merindukan kita sebagai perempuan muslimah biasa?

(Baca juga : Umbar Foto di Medsos Picu Munculnya Penyakit Mental? )

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda :

“Jika seorang perempuan selalu menjaga salat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad)

Rasulullah mengabarkan kepada kita bahwa perempuan bisa masuk surga lewat pintu mana saja, asalkan memenuhi empat kriteria yang disebut dalam hadis Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam tersebut.

(Baca juga : Raihlah Berkah dari Ibrah Ibunda Para Rasul )

Selain itu, ada juga beberapa amalan yang dianjurkan dilakukan oleh kaum perempuan yang ganjarannya adalah surga, seperti tertulis juga dalam Al Qur’an dan beberapa hadis lainnya, di antaranya:

1. Bertakwa

Takwa menjadi kunci utama setelah iman yang menyebabkan seseorang memasuki surganya Allah. Allah Ta'ala berfirman:

“Siapa saja yang mengerjakan amal salih, baik laki-laki ataupun perempuan, sementara ia seorang Mukmin, mereka pasti akan masuk ke dalam surga, dan mereka tidak akan dianiaya sedikit pun.” (QS an-Nisâ : 124)

Takwa adalah menjalankan setiap perintah Allah (syariat Islam) dan menjauhi segala larangannya. Takwa yang mengantarkan seorang perempuan menjadi muslimah yang paripurna, taat syariat mulai dari pakaian, akhlak hingga dalam aktivitas keseharian yang lainnya.

(Baca juga : Kebodohan, Asal Mula dari Segala Keburukan )

2. Berbakti kepada orang tua

Sebagai anak dan orang tuanya, seorang wanita harus berbakti kepada mereka. Karena setiap kita adalah anak dari orang tua kita. Meski kelak kita belum tentu jadi orang tua. Allah Ta'ala perintahkan baktinya kita pada kedua orang tua sebagaimana dalam firmanNya:

“Sembahlah Allah dan jangan kamu mempersekutukanNya dengan sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua (ibu-bapak).” (QS. An Nisa’ : 36)

Rasulullah SAW juga mengingatkan kita akan penting dan bersarnya pahala di sisi Allah pagi siapa saja yang berbakti kepada kedua orang tuanya, terutama kepada ibunya. Sebagaimana yang Rasulullah kabarkan:

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu'anhu, dia berkata: Saya bertanya kepada Rasulullah: “Apakah amalan yang paling dicintai oleh Allah?” Bersabda Rasulullah: “Salat tepat pada waktunya”, Saya bertanya: “Kemudian apa lagi?” Bersabada Rasulullah “Berbuat baik kepada kedua orang tua”. Saya bertanya lagi: “Lalu apa lagi?” Maka Rasulullah bersabda : “Berjihad di jalan Allah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

(Baca juga : Ini Jawaban Lengkap Alasan Masker Scuba dan Buff Tidak Dianjurkan Dipakai )

3. Taat kepada suami
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1859 seconds (11.210#12.26)