Ummu Salamah : Perempuan Pembuat Keputusan yang Tepat

loading...
Ummu Salamah : Perempuan Pembuat Keputusan yang Tepat
Ummu Salamah dikenal sebagai seorang perempuan yang cerdas dan matang dalam memahami berbagai permasalahan yang terjadi di masa Rasulullah. Ia juga mampu mengambil sebuah keputusan yang tepat ketika terjadi sebuah permasalahan. Foto ilustrasi/ist
Di antara istri-istri Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam, Aisyah dan Ummu Salamah dikenal sebagai periwayat hadis terbanyak dari Baginda Nabi Muhammad SAW. Kaum perempuan memang mempunyai peran penting dalam dunia periwayatan hadis ini. Banyak dari mereka yang meriwayatkan hadis Nabi SAW, baik itu para istri Rasulullah, maupun para sahabat perempuan yang lainnya.

Ummul mukminin Aisyah radhiyallahu'anhaadalah periwayat hadis terbanyak, karena kedekatannya dengan Rasulullah, serta kecerdasannya yang luar biasa. Kemudian Ummu Salamah juga menjadi muslimah periwayat hadis kedua terbanyak setelah Aisyah radhiyallahu'anha.

(Baca juga :Inilah Pemandangan Ahli Riya Pada Hari Kiamat)

Aisyah dan Ummu Salamah, adalah salah satu bukti bahwa perempuan juga bisa ikut andil dalam membangun sebuah peradaban.Bahkan di awal-awal Islam, banyak kaum perempuan yang mempunyai peran dalam membantu dakwah Islam. Hal tersebut menunjukkan bahwa perempuan juga mempunyai kapasitas dalam keilmuan dan berperan lebih banyak dalam dunia keilmuan ini.



Muslimah, selain kita wajib meneladani sosok Aisyah radhiyallahu'anha perlu juga kita belajar dari sifat Ummu Salamah ini. Siapa beliau dan bagaimana perannya sebagai periwayat hadis tersebut.

Dikutip dari buku 'Perempuan Periwayat Hadis' yang ditulis Agung Danarta, disebutkan bahwa Ummu Salamah meriwayatkan hadis dari Rasulullah SAW sebanyak 622 hadis. Hadis-hadis tersebut tersebar di kitab-kitab seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan al-Nasa’i, Sunan Ibn Majjah, Sunan Abi Dawud, Sunan al-Darimi, Al-Muwaththa’ dan Musnad Ahmad ibn Hanbal. Sedangkan dalam Musnad Ahmad sendiri, setidaknya terdapat 280 hadis yang disandarkan kepada Ummu Salamah.

(Baca juga :Amalan yang Mempermudah Datangnya Jodoh)



Ada beberapa hal yang menjadikan Ummu Salamah banyak meriwayatkan hadis Rasulullah Saw. Pertama, karena beliau termasuk assabiquna al-awwalun. Kedua, beliau pernah mengikuti hijrah ke Habasyah dan Madinah, dan hidup dengan Nabi Saw. dalam kurun waktu yang lama yaitu 6 tahun. Hal tersebut membuat Ummu Salamah banyak berinteraksi dengan Nabi Saw. dan mendapat banyak riwayat langsung dari Rasulullah.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ اَنۡ يُّكَلِّمَهُ اللّٰهُ اِلَّا وَحۡيًا اَوۡ مِنۡ وَّرَآىٴِ حِجَابٍ اَوۡ يُرۡسِلَ رَسُوۡلًا فَيُوۡحِىَ بِاِذۡنِهٖ مَا يَشَآءُ‌ؕ اِنَّهٗ عَلِىٌّ حَكِيۡمٌ
Dan tidaklah patut bagi seorang manusia bahwa Allah akan berbicara kepadanya kecuali dengan perantaraan wahyu atau dari belakang tabir atau dengan mengutus utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan izin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Mahatinggi, Mahabijaksana.

(QS. Asy-Syura:51)
cover bottom ayah
preload video