Mengharapkan Pahala dari Setiap Aktivitas

Jum'at, 25 September 2020 - 06:50 WIB
loading...
Mengharapkan Pahala dari Setiap Aktivitas
Kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan pahala dari Allah. Niatkan dalam segala aktivitas harian kita, sebagai amal saleh dan berharap pahala dari Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam menjalani segala aktivitas kehidupan, hendaknya kita tujukan sebagai ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagai ibadah dan bentuk ketaatan, demi mengharapkan pahala dari Allah Ta'ala. Upayakan semua amal perbuatan yang kita lakukan masuk dalam kategori amal saleh .

Muslimah,iman adalah keyakinan dalam hati yang diucapkan atau dilafadzkan dengan lisan dan diaplikasikan dengan amal perbuatan. Inilah yang disebut ihtisab yang merupakan perbuatan hati , tidak diucapkan di lisan, karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan kepada kita bahwa tempat niat ada di hati.

(Baca juga : Muslimah, Hati-hati dengan Tathayyur dan Tasya'um )

Ketika kita mengharapkan pahala dari Allah, berarti kita harus memintanya kepada Allah, karena tidak ada sesuatu apa pun yang bisa disembunyikan dari pengetahuan Allah, sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya,

قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ

Katakanlah : “Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui. “ (Qs. Ali Imran : 29)

Dinukil dari kitab 'Kaifa Tahtasibiina al-Ajr Fii Hayaatiki al-Yaumiyyah' karya Hana’ binti Abdul Aziz Ash-Shanii’ dijelaskan bahwa setiap perbuatan pasti disertai niat. Setiap amal perbuatan yang kita lakukan semata-mata untuk Allah, maka amal perbuatan itu untuk Allah. Sedangkan amal perbuatan yang kita lakukan untuk kepentingan dunia, maka amal perbuatan tersebut semata-mata untuk dunia. Niat yang kedua ini sungguh sangat berbahaya. Antara niat yang pertama dan niat yang kedua sungguh sangat berbeda, dan sangat bertentangan, pun sangat jauh, seperti jarak antara langit dan bumi.

(Baca juga : Nasihat untuk Muslimah di Zaman Penuh Fitnah )

Sebagian niat seorang perempuan berada di tumpukan sampah paling atas, dan sebagian niat manusia berada di tumpukan sampah paling bawah. Jika kita berniat semata-mata karena Allah dan negeri akhirat dalam melakukan setiap perbuatan yang syar’i, maka kita pasti mendapatkan apa yang diharapkan itu. Tapi, jika kita berbuat semata-mata karena dunia, mungkin kita bisa mendapatkan apa yang kita harapkan dan mungkin juga tidak.

Allah Ta’ala berfirman,

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعَاجِلَةَ عَجَّلْنَا لَهُ فِيهَا مَا نَشَاءُ لِمَنْ نُرِيدُ

"Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki (QS. al-Isra : 18)

(Baca juga : Haruskah Malu kepada Malaikat? )

Dalam ayat di atas, Allah tidak berfirman, “Maka kami segerakan baginya apa yang ia inginkan.” Tetapi, Allah berfirman, “Maka Kami segerakan baginya apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki-bukan kepada setiap manusia.”

Berdasarkan ayat di atas, maka sebagian manusia mendapatkan apa yang dia inginkan di dunia ini, sebagian manusia hanya mendapatkan sebagian apa yang dia inginkan di dunia ini, dan sebagian manusia ada yang tidak mendapatkan sama sekali dari pada yang dia harapkan di dunia ini.

Sedangkan firman Allah,

وَمَنْ أَرَادَ الْآخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُو رًا

Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. (QS. Al-Isra : 19)

(Baca juga : Djoko Tjandra Merasa Ditipu Jaksa Pinangki Soal Action Plan Pengurusan Fatwa MA )

Ayat ini mengisyaratkan bahwa kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan pahala dari Allah. Selain itu, kita perlu mengetahui tentang pahala niat yang baik, di mana Allah tidak akan pernah menyia-nyiakannya, meskipun kita tidak sempat untuk melakukan amal saleh yang kita niatkan.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1817 seconds (0.1#10.140)