Mengharapkan Pahala dari Setiap Aktivitas

loading...
Mengharapkan Pahala dari Setiap Aktivitas
Kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan pahala dari Allah. Niatkan dalam segala aktivitas harian kita, sebagai amal saleh dan berharap pahala dari Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
Dalam menjalani segala aktivitas kehidupan, hendaknya kita tujukan sebagai ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagai ibadah dan bentuk ketaatan, demi mengharapkan pahala dari Allah Ta'ala. Upayakan semua amal perbuatan yang kita lakukan masuk dalam kategori amal saleh.

Muslimah,iman adalah keyakinan dalam hati yang diucapkan atau dilafadzkan dengan lisan dan diaplikasikan dengan amal perbuatan. Inilah yang disebut ihtisab yang merupakan perbuatan hati, tidak diucapkan di lisan, karena Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan kepada kita bahwa tempat niat ada di hati.

(Baca juga :Muslimah, Hati-hati dengan Tathayyur dan Tasya'um)

Ketika kita mengharapkan pahala dari Allah, berarti kita harus memintanya kepada Allah, karena tidak ada sesuatu apa pun yang bisa disembunyikan dari pengetahuan Allah, sebagaimana ditegaskan dalam firman-Nya,



قُلْ إِنْ تُخْفُوا مَا فِي صُدُورِكُمْ أَوْ تُبْدُوهُ يَعْلَمْهُ اللَّهُ

Katakanlah : “Jika kamu menyembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu melahirkannya, pasti Allah mengetahui. “ (Qs. Ali Imran : 29)

Dinukil dari kitab 'Kaifa Tahtasibiina al-Ajr Fii Hayaatiki al-Yaumiyyah' karya Hana’ binti Abdul Aziz Ash-Shanii’ dijelaskan bahwa setiap perbuatan pasti disertai niat. Setiap amal perbuatan yang kita lakukan semata-mata untuk Allah, maka amal perbuatan itu untuk Allah. Sedangkan amal perbuatan yang kita lakukan untuk kepentingan dunia, maka amal perbuatan tersebut semata-mata untuk dunia. Niat yang kedua ini sungguh sangat berbahaya. Antara niat yang pertama dan niat yang kedua sungguh sangat berbeda, dan sangat bertentangan, pun sangat jauh, seperti jarak antara langit dan bumi.



(Baca juga :Nasihat untuk Muslimah di Zaman Penuh Fitnah)
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَ جَآءَتۡ سَكۡرَةُ الۡمَوۡتِ بِالۡحَـقِّ‌ؕ ذٰلِكَ مَا كُنۡتَ مِنۡهُ تَحِيۡدُ
Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari.

(QS. Qaf:19)
cover bottom ayah
preload video