Ibarat Air Bagi Ikan, Zikir Adalah Nutrisi Bagi Hati

loading...
Ibarat Air Bagi Ikan, Zikir Adalah Nutrisi Bagi Hati
Al-Habib Quraisy Baharun (paling kanan) saat menghadiri Majlis Zikir beberapa waktu lalu. Foto/Ist
Zikir (dzikrullah) merupakan wujud ketakwaan dan penghambaan kepada Allah 'Azza wa Jalla. Zikirartinya mengingat, memperhatikan, mengenang, dan mengambil pelajaran. Orang yang berzikir berarti ia sedang menghidupkan hatinya.

Perumpamaan orang yang berzikir ibarat air yang dibutuhkan ikan.Tanpa air, ikan akan mati. Tanpa zikir, hati akan mati. Karena itu perbanyaklah mengingat Allah, karena zikir adalah obat dan nutrisi bagi hati. (Baca Juga: Inilah Adab Berzikir yang Jarang Diketahui Orang)

Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم bersabda:

مَثَلُ الَّذِيْ يَذْ كُرُرَبَّهُ وَالَّذِيْ لاَيَذْ كُرُ رَبَّهُ مَثَلُ الْحَيِّ وَالْمَيِّتِ



"Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berzikir kepada-Nya ialah seperti orang hidup dan orang mati." (Al-Bukhari dan Muslim)

(Baca Juga: Pesan Aa Gym Bagi yang Keluar Rumah Saat Pandemi, Ini Amalannya)

Pengasuh Ponpes Ash-Shidqu Kuningan Jawa Barat, Al-Habib Quraisy Baharun mengatakan, Allah 'Azza wa Jalla memuji orang-orang yang banyak berzikir kepada-Nya. Allah berfirman:



وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَكَمۡ اَهۡلَـكۡنَا قَبۡلَهُمۡ مِّنۡ قَرۡنٍ هُمۡ اَشَدُّ مِنۡهُمۡ بَطۡشًا فَنَقَّبُوۡا فِى الۡبِلَادِ ؕ هَلۡ مِنۡ مَّحِيۡصٍ
Dan betapa banyak umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka, (padahal) mereka lebih hebat kekuatannya daripada mereka (umat yang belakangan) ini. Mereka pernah menjelajah di beberapa negeri. Adakah tempat pelarian (dari kebinasaan bagi mereka)?

(QS. Qaf:36)
cover bottom ayah
preload video