Zikir Ringan Namun Berat di Timbangan, Yuk Amalkan!

Senin, 28 September 2020 - 20:42 WIB
loading...
Zikir Ringan Namun Berat di Timbangan, Yuk Amalkan!
Zikir merupakan nutrisi bagi hati sebagaimana ikan membutuhkan air. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Dalam satu riwayat yang sahih, Nabi صلى الله عليه وسلم pernah bersabda bahwa perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berzikir kepada-Nya ialah seperti orang hidup dan orang mati. Zikir merupakan nutrisi bagi hati sebagaimana ikan membutuhkan air.

Betapa besarnya fadhillah (keutamaan) berzikir hingga Allah 'Azza wa Jalla memerintahkan kaum mukmin untuk mengamalkannya. Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang." (QS Al-Ahzab Ayat 41-42)

Ada satu amalan zikir yang ringan diucapkan namun memiliki timbangan (pahala) yang berat. Kalimat zikir ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya . ( )

حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ إِشْكَابٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنْ عُمَارَةَ بْنِ الْقَعْقَاعِ عَنْ أَبِي زُرْعَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Imam Al-Bukhari berkata telah menceritakan kepadaku Ahmad bin Isykab telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Fudlail dari 'Umarah bin Alqa'qa' dari Abu Zur'ah dari Abu Hurairah radliyallahu'anhu ia berkata: Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Ada dua kalimat yang disukai Ar Rahman (Allah Ta'ala), ringan di lisan dan berat di timbangan, yaitu Subhanallahi wa Bihamdihi Subhanallahil 'azhim'.

( )

Hadis ini menujukkan amalan ringan namun besar pahalanya yaitu mengucapkan zikir "subhanallahi wabihamdihi subhanallahil 'adzim". Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolani berkata dikhususkan penyebutan nama Allah Ar-Rahman dalam hadis ini bertujuan untuk menunjukkan kepada manusia bahwa luasnya rahmat Allah. Dia memberikan balasan bagi amalan ringan dengan pahala yang sangat besar. (Fathul Bari Syarh Shahih Al-Bukhari)

سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ

Subhanallahi wa Bihamdihi Subhanallahil 'Azhim

Artinya:
Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda: "Barangsiapa mengucapkan subhanallah wabihamdihi 100 kali dalam sehari, ia akan diampuni segala dosanya sekalipun dosanya itu sebanyak buih di laut." (HR Muslim dan Tirmidzi)

Ibnu Umar meriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata kepada para sahabatnya, "Ucapkanlah Subhanallah wa Bihamdihi sebanyak seratus kali. Barangsiapa mengucapkannya satu kali maka tertulis baginya sepuluh kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya sepuluh kali maka tertulis baginya seratus kebaikan. Barangsiapa mengucapkannya seratus kali maka tertulis baginya seribu kebaikan. Barangsiapa menambahnya maka Allah pun akan menambahnya, dan barangsiapa memohon ampun, niscaya Allah akan mengampuninya."

[Baca Juga: 40 Hadis Amalan Ringan Berpahala Besar (4)]

Wallahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)