Jangan Tinggalkan Zikir Setelah Salat Subuh, Ini Keutamaannya!

Selasa, 06 Oktober 2020 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Dari Jabjr bin Samrah berkata, adapun Nabi jika telah selesai salat subuh, beliau duduk di tempatnya hingga terbit matahari (HR. Muslim)

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim menjelaskan, bahwa hadis di atas secara umum menunjukkan keutamaan memperbanyak zikir selepas subuh.

(Baca juga : Waspada! Musim Hujan Bikin Corona Makin Ganas )

Ada banyak keutamaan zikir setelah salat subuh itu, sebagaimana kesaksian Sahabat Anas radhiyallahu'anhu, bahwa Rasulullah pernah mengatakan “Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir hingga matahari terbit kemudian salat dua rakaat (salat duha) maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna”.

Dalam hadis ini Rasulullah tidak menjelaskan spesifikasi bentuk zikirnya. Hanya urutannya zikir tersebut dimulai setelah salat Subuh berjamaah dengan tidak berkata apapun kemudian berzikir sampai terbitnya mata hari.

Sementara dalam beberapa riwayat, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan setidaknya ada tiga keutamaan bagi seseorang yang memperbanyak zikir selepas salat subuh, yaitu:

(Baca juga : Temui Presiden, Pimpinan DPD Bahas Aspirasi 21 Provinsi Penghasil Sawit )

1. Mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah

Salah satu hadis yang menyebutkan keutamaan berzikir selepas salat subuh terdapat pada hadis riwayat Imam Tirmizi berikut ini

من صلى الفجر في جماعة ثم قعد يذكر الله تعالى حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين كانت له كأجر حجة وعمرة تامة تامة

"Barang siapa yang salat subuh berjamaah kemudian duduk berzikir hingga matahari terbit kemudian salat dua rakaat maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah sempurna, sempurna." (HR At-Tirmidzi)

(Baca juga : Penyebaran Covid-19 di DKI Terus Melonjak, Anies Tambah 23 RS Rujukan )

2. Diampuni dosa-dosanya meski lebih banyak dari buih di lautan

Sebagimana diketahui buih di lautan tidak bisa terhitung, hal inj menunjukkan keutamaan zikir setelah subuh di antara waktu lainnya.

من قعد في مصلاه حين ينصرف من صلاة الصبح حتى يسبح ركعتي الضحى لا يقول إلا خيرا غفرت خطاياه وإن كانت أكثر من زبد البحر ”

"Barang siapa yang tetap duduk setelah salat subuh hingga salat dua rakaat duha tidak berkata kecuali hal baik maka akan diampuni doa-dosanya sekalipun lebih banyak dari buih lautan. (HR. Ahmad &Abu Dawud)

Apalagi, salat subuh mempunyai keistimewaan tersendiri sebab dilaksanakan di waktu yang pada umumnya sulit karena dilakukan selepas tengah malam, dimana sebagian besar manusia pada waktu tersebut terlelap. Sehingga berzikir selepas salat subuh pun menjadi sesuatu yang sulit dikerjakan, karena itulah barangsiapa yang mampu melakukannya akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di laut.

(Baca juga : Malam Ini Rangkaian Hujan Meteor Draconid mulai Hiasi Langit Bumi )

3. Akan dimasukkan ke surga dan tubuhnya tidak akan tersentuh api neraka.

Hal tersebut karena besarnya keutamaan berzikir selepas subuh hingga terbit matahari mampu menjadi pelindung dari api neraka yang sangat panas. Disebutkan dalam sebuah riwayat
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3562 seconds (0.1#10.140)