Saat Membaca Al-Qur'an, Menangislah..! Boleh Juga Pura-Pura Menangis

loading...
Saat Membaca Al-Quran, Menangislah..! Boleh Juga Pura-Pura Menangis
Ilustrasi/SINDOnews
ABDULLAH bin Mas’ud adalah salah satu qari’ kepercayaan Rasulullah SAW. Ketika Nabi memanggilnya, itu artinya ada hal penting, salah satunya: Rasulullah SAW akan mengajarkan ayat Al-Qur’an, wahyu yang baru saja turun. (Baca juga: Bahaya Nifak, Lubang Tikus yang Membuat Sahabat Nabi Takut)

Namun, pada hari itu tidak seperti biasanya. Rasul memanggilnya bukan untuk mengajarkan salah satu ayat. Rasulullah SAW malah memerintahkannya untuk membacakan sebuah ayat.

Abdullah bin Masud agak bingung. Tidak seperti biasanya Rasulullah seperti itu. Ia pun memberanikan diri untuk bertanya. “Wahai Rasul, apakah aku layak untuk membacakanmu sebuah ayat dari Al-Qur’an? Bukankah engkau yang lebih layak? Kepada engkaulah Al-Qur’an itu diturunkan,” protes Ibnu Mas’ud. (Baca juga: Kekafiran Tersembunyi, Begini Cara Bertobat dari Kemunafikan)

“Bacalah saja, aku ingin mendengarnya dari orang lain,” jawab Rasulullah SAW.

Tak ingin membantah, Ibnu Mas’ud pun mulai membaca Al-Qur’an. Ia membaca Surat an-Nisa hingga sampai pada suatu ayat, “Dan bagaimanakah sekiranya Kami mendatangkan manusia dari seluruh umat dengan seorang saksi, lalu kami mendatangkanmu sebagai saksi atas mereka.”



Rasulullah memotong bacaan Ibn Masud, “Berhenti!”

Ibn Mas'ud melihat mata Rasulullah telah menitikkan air mata. Kisah ini bisa ditemui dalam kitab Sahih Bukhari riwayat Ibn Masud.

Begitulah Rasulullah saat dibacakan Al-Qur’an, ia menangis, tanda kalau ia menghayati bacaannya. Itulah mengapa, menangis menjadi salah satu kesunnahan saat membaca Al-Qur’an, tanda bahwa sang qari tersebut menghayati bacaannya hingga menangis, walaupun hal ini tidak bisa menjadi parameter penuh. (Baca juga: Keajaiban Al-Qur'an yang Terlewatkan)



Rasulullah SAW pernah bersabda:
halaman ke-1 dari 4
cover top ayah
وَلَا تَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ نَسُوا اللّٰهَ فَاَنۡسٰٮهُمۡ اَنۡفُسَهُمۡ‌ؕ اُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri. Mereka itulah orang-orang fasik.

(QS. Al-Hasyr:19)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video