Mengenal Cairan Putih yang Keluar dari Kemaluan Perempuan, Manakah yang Najis?

loading...
Mengenal Cairan Putih yang Keluar dari Kemaluan Perempuan, Manakah yang Najis?
Ada empat jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan perempuan, beberapa di antaranya hukumnya najis menurut fiqih Islam. Foto ilustrasi/ist
Muslimah, seringkali kita menyebut cairan putih yang keluar darikemaluanadalah keputihan. Ternyata ada beberapa jenis cairan putih yang biasa dialami kaum perempuan. Apa saja cairan putih ini dan bagaimana hukumnyamenurut fiqih Islam?

Dinukil dari kitab Shahih Fiqh Sunnah dan Maktabah At Taufiqiyyah serta sumber lain, inilah beberapa jenis cairan putih yang keluar dari organ kemaluan perempuan tersebut.

(Baca juga :Sering-seringlah Menangis di Dunia)

1. Keputihan



Cairan putih ini biasanya keluar dari kemaluan perempuan tanpa adanya sebab. Keputihan dalam istilah fiqih Islam disebut dengan ifrazat, yaitu lendir atau cairan yang keluar dariorgan reproduksi wanita.

Para ulama dari berbagaimazhab berbeda pendapat soal status dari cairan tersebut. Hal ini juga berujung pada perbedaan hukum fikihnya. Apakah jika ifrazat tersebut keluar bisa membatalkan wudhu? Serta hukum-hukum lainnya

Madzab Hanafi berpendapat cairan ini suci. Ibnu Abidin dalam Khasyiahnya menukilkan kesepakatan para ulama madzab Hanafi. Pendapat ini merupakan pendapat yang benar dari mazhab Syafi’i. Pendapat yang dipilih mayoritas ulama senior madzab Syaifi’i di antaranya Al Baghawi, Ar Rafi’i dan An Nawawi dalam Al Majmu’.



(Baca juga :Batasan-batasan Aurat Orang Tua dan Anak)
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
اَحَسِبَ النَّاسُ اَنۡ يُّتۡرَكُوۡۤا اَنۡ يَّقُوۡلُوۡۤا اٰمَنَّا وَهُمۡ لَا يُفۡتَـنُوۡنَ
Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji?

(QS. Al-'Ankabut:2)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video