Kisah Hikmah

Lelaki Penggoda dan Hukumannya

loading...
Lelaki Penggoda dan Hukumannya
Lelaki sangat tampan itu membuat banyak perempuan tergoda, sehingga Khalifah Umar bin Khattab menghukumnya dengan mengasingkannya di tempat yang jauh. Foto ilustrasi/ist
Ini adalah kisah tentang Khalifah Umar bin Khattab menghukum seorang lelaki yang sangat tampan, sehinga banyak perempuan tergoda karenanya. Apa dan bagaimana hukuman yang diberikan sang Amirul Mukminin ini?

Dalam Syarh Siyasah Syar’iyyah karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah mengisahkan: “Khalifah Umar bin al Khattab ketika melakukan rondadi Kota Madinah mendengar seorang perempuan yang menyanyikan beberapa bait syair. Di antaranya bait syair itu adalah:

Adakah jalan untuk meminum khamar#

Adakah jalan untuk bersua dengan Nasr bin Hajaj



(Baca juga :Mengenal Cairan Putih yang Keluar dari Kemaluan Perempuan, Manakah yang Najis?)

Mendengar hal tersebut, sang Amirul Mukminin lantas memanggil lelaki yang disebut-sebut dalam bait di atas. Ternyata dia adalah seorang pemuda yang tampan (sehingga menggoda banyak perempuan). Akhirnya Umar bin Khatttab menggunduli pemuda tersebut (agar tidak terlihat ganteng). Ternyata setelah digundul pemuda tersebut malah semakin tambah tampan.

Akhirnya sang Khalifah pun buang pemuda tersebut ke Basrah agar tidak banyak perempuan yang tergoda dengan kegantengannya”.



Kisah yang sama diceritakan Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin taqdim Syaikh Muhammad Hassan tahqiqi Shalah al Said hal 387, Maktbah Fayyadh Manshurah Mesir, cetakan pertama 1426 H.
halaman ke-1 dari 5
cover top ayah
يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا تَتَّخِذُوۡۤا اٰبَآءَكُمۡ وَاِخۡوَانَـكُمۡ اَوۡلِيَآءَ اِنِ اسۡتَحَبُّوا الۡـكُفۡرَ عَلَى الۡاِيۡمَانِ‌ ؕ وَمَنۡ يَّتَوَلَّهُمۡ مِّنۡكُمۡ فَاُولٰۤٮِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu jadikan bapak-bapakmu dan saudara-saudaramu sebagai pelindung, jika mereka lebih menyukai kekafiran daripada keimanan. Barangsiapa di antara kamu yang menjadikan mereka pelindung, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.

(QS. At-Taubah:23)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video