Sebelum Syahid, Zaid Bin Haritsah Bermimpi Bidadari Surga

loading...
Sebelum Syahid, Zaid Bin Haritsah Bermimpi Bidadari Surga
Zaid Bin Haristah dikenal sebagai sahabat Nabi yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Sebelum syahid di medan perang, beliau bermimpi bertemu bidadari surga. Foto ilustrasi/Ist
Zaid bin Haritsah radhiyallahu 'anhu, seorang sahabat Rasulullah صلى الله عليه وسلم yang termasuk orang-orang pertama masuk Islam. Zaid bin Haritsah juga satu-satunya sahabat yang namanya tercantum dalam Al-Qur'an, yakni dalam Surah Al-Ahzab.

Zaid dikenal rajin membaca Al-Qur'an, salat malam dan puasa.Semua orang mengenal Zaid sebagai sahabat Nabi yang ahli ibadah. Dalam Sirah Sahabat Nabi dikisahkan, pada suatu malam saat menghadapi perang Mu'tah, Zaid mendapat giliran berjaga bersama sahabatnya yaitu Hisyam bin Yahya. (Baca Juga: Kisah Julaibib, Sahabat Nabi yang Jadi Rebutan Bidadari)

Hisyam meminta Zaid Bin Haritsahuntuk tidur terlebih dahulu, Zaid pun tidur di sebelah Hisyam. Setelah tidur beberapa lama, Zaid mengigau.Iaberbicara dan tertawa-tawa, lalu tangannya bergerak seolah akan menyentuh sesuatu. Dalam ngigaunya tersebut Zaid berkata: "Semalam… Semalam." Kemudian Zaid bangun dan membaca takbir, tahmid dan tahlil.

"Zaid! ada apa denganmu?" tanya Hisyam.



"Aku baru saja bermimpi Hisyam, mimpi yang aneh."

"Ceritakanlah padaku tentang mimpimu?"

Zaid Bin Haritsahpun mulai menceritakan mimpinya: "Ikutlah dengan kami, wahai Zaid! kata dua orang yang berada dalam mimpinya.



Zaid pun menurut. Ia mengikuti ke mana dua orang itu melangkah. Mereka mengantar Zaid kepada tempat yang belum pernah Zaid temui. Tempat tersebut sangat indah. Zaid terpukau ketika dua orang tersebut berhenti di depan sebuah kamar.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
فَسَبِّحۡ بِحَمۡدِ رَبِّكَ وَكُنۡ مِّنَ السّٰجِدِيۡنَۙ‏
maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah engkau di antara orang yang bersujud (shalat),

(QS. Al-Hijr:98)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video