Safanah binti Hatim, Sang Diplomat Dakwah yang Santun

Rabu, 11 November 2020 - 16:56 WIB
loading...
A A A
Dengan demikian, hati Safanah menjadi tenang dan lega. Ia akan segera bertemu kembali dengan saudaranya.

Walau sebagai tawanan, mereka termasuk Safanah diperlakukan dengan baik oleh kaum muslimin. Safanah menceritakan bahwa Rasulullah menjaga dan merawat ia dengan memberikan makanan dan pakaian hingga tiba saatnya ia menemui saudaranya.

Ketika akhirnya kedua saudara itu bertemu, Adi bin Hatim bertanya, "Bagaimana kesanmu terhadap laki-laki itu?"

"Saya berharap kamu bisa menemuinya," jawab Safanah.

(Baca juga : PTNBH: UNS Targetkan Masuk 500 PT Terbaik Dunia )

Pada riwayat lain, diceritakan Safanah yang menemui Adi bin Hatim di Dumatul Janda usai dibebaskan berkata, "Wahai saudaraku, datangilah laki-laki tersebut (Rasulullah) sebelum dia datang menangkapmu. Sesungguhnya saya melihat perkataan yang jujur dan santun akan mengalahkan kaumnya yang menang. Dan saya telah menyaksikan begitu mulia sifat-sifat Rasulullah. Ia adalah orang yang mencintai fakir miskin, membebaskan tawanan, menyayangi yang lebih kecil, dan menghormati yang lebih besar. Saya tidak pernah menjumpai orang seramah dan semulia dia. Seandainya dia seorang nabi, mudah-mudahan kamu mendapat keutamaannya dan seandainya dia seorang malaikat, dia masih berada pada kemuliaannya."

Sungguh, perkataan saudaranya telah menyentuh hati Adi. Ia mempercayai Safanah sebagaimana telah terlihat dari kesantunan ia berbicara.

Lantas Adi berkata," Demi Allah, benarkah apa yang kaku katakan."

(Baca juga : Kemenag Pastikan Pelaksanaan Umrah Sesuai Prokes Corona )

Saat itu juga, Adi berangkat menemui Rasulullah untuk menyatakan keislamannya. Adi bin Hatim menjadi muslim bersama Safanah yang kemudian beganti nama menjadi Hazimah. Peristiwa ini merupakan momen terpenting dalam sejarah sukunya. Cerita Safanah tentangan Muhammad, membawa hidayah bagi saudara dan segenap kaumnya. Ialah penyampai hidayah Islam dengan cara diplomasinya yang santun.

Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)