Kisah Tragis Utsman bin Affan (2): Ketika Rasulullah Bicara dengan Gunung Uhud dan Hira

Rabu, 18 November 2020 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Beliau menjawab: Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:”Kuburan adalah awal kampung akhirat, jika (seorang) selamat darinya, maka setelahnya akan lebih mudah, dan jika tidak selamat darinya maka setelahnya akan lebih susah.” (HR. Ahmad, Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albani).

Dan beliau memperpanjang sholat tahajudnya.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad dalam ath-Thabaqaat 3/75-76)



Barangkali beliau telah memperkirakan dekatnya kabar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam tersebut, sehingga beliaupun sangat lemah lembut dalam mengatur rakyatnya dan sangat toleransi dalam bermuamalah dengan mereka, dalam rangka menjauhi fitnah dan meminimalkan hal tersebut jika telah terjadi, karena fitnah tersebut pasti terjadi, karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam telah mengabarkannya.

Beliau berjalan di atas hal demikian sepanjang kekhalifahan beliau. Meskipun demikian, apa yang telah disabdakan oleh Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam benar adanya dan terjadi fitnah yang ditunggu tersebut.

Meskipun bisa dipahami bahwa hadis-hadis ini(menunjukkan) bahwa beliau akan menjadi khalifah pada suatu hari nanti. Yang tampak, bahwa di sana ada wasiat-wasiat dan petunjuk-petunjuk yang berkaitan dengan fitnah ini yang hanya diketahui oleh Utsman Radhiyallahu ‘anhu saja. Yang demikian itu, dalam rangka penjagaan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam terhadap rahasia ini. (Bersambung)
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3622 seconds (0.1#10.140)